Home / Seputar Madina / Pengrajin Kolang Kaling Mulai Menggeliat

Pengrajin Kolang Kaling Mulai Menggeliat

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Menjelang bulan Ramadhan, para pengrajin kolang kaling di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mulai meningkatkan produksi.

Pantauan di Desa Sipapaga, Kecamatan Panyabungan, kaum perempuan mulai disibukkan membuat kolang kaling untuk dijual kepada pedagang pengumpul. Pengrajin musiman juga terlihat aktif.

Pekerjaan musiman ini memang hampir dilakoni banyak warga di desa itu. Sementara kaum pria bertugas mengambil buah aren (bahan baku kolang kaling) di hutan atau kebun.

Kepala Desa Sipapaga, Zulkarnaen Nasution, Minggu (23/6) mengakui setiap menjelang puasa Ramadhan warganya akan disibukkan dengan pembuatan kolang kaling (aluok-bahasa Mandailing).

Zulkarnaen mengatakan, permintaan kolang kaling sangat tinggi menjelang dan selama Ramadan. Berbeda dengan bulan-bulan lainnya dimana permintaan pasar rendah sehingga produksi pun diturunkan warga.

Dijelaskannya, produksi kolang kaling saat ini sudah mencapai ratusan kilo gram, bahkan bisa mencapai 1 ton seminggu. Para pedagang pengumpul mengirimnya ke pasar-pasar di Madina dan luar Madina.

Peliput : Maradotang Pulungan
Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

One comment

Silahkan Anda Beri Komentar