Home / Berita Sumut / Pengungsi Sinabung Segera Terima Bantuan Rp 12,8 M

Pengungsi Sinabung Segera Terima Bantuan Rp 12,8 M

Tanahkaro  – Sebanyaka 3.084 kepala keluarga (KK) pengungsi Sinabung dari 9 desa, akan menerima bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekitar Rp12,8 miliar. Bantuan ini terbagi dalam tiga item seperti sewa rumah lanjutan, sewa rumah dan sewa lahan tambahan serta pendanaan padat karya disalurkan melalui BRI Cabang Kabanjahe, setelah dokumen identitas kepala keluarga 9 desa dilengkapi. Demikian disebutkan Kepala BPBD Kabupaten Karo, Ir Subur Tambun melalui Sekretarisnya, Drs Jhonson Tarigan kepada MedanBisnis di ruang kerjanya, Kamis (26/2).

Kata Jhonson Tarigan, sewa rumah lanjutan diberikan kepada tujuh desa seperti Sukameriah sebanyak 137 KK, Simacem 130KK, Berastepu767KK, Gamber 182KK, Kuta Tonggal 107KK, Bekerah 100KK dan Gurukinayan 753KK dengan biaya Rp 1.800.000 per KK.

Sementara sebagai sewa rumah dan sewa lahan tambahan diterima warga sebesar Rp 3.800.000 per KK, mereka yang menerima desa Sukameriah sebanyak 5KK, Desa Simacem 8KK, Berastepu 18KK, Gamber 23KK, Kuta Tonggal 1KK, Bekerah 5KK dan Gurukinayan 74KK.

Bagi warga Desa Sigarang-garang yang sebanyak 349KK dan Sukanalu sebanyak 425KK akan diberikan bantuan dana dengan dana padat karya sejumlah Rp 50 ribu setiap KK dalam kurun waktu 60 hari.

Pembayaran bantaun kepada warga pengungsi sembilan desa ditargetkan realisasinya sekitar tanggal 2 Maret 2015 bertempat di aula kantor Bupati Karo. Bila kepala desa masing-masing terlambat memberikan identitas warganya yang sudah valid, maka pemberian bantuan untuk sewa rumah lanjutan selama enam bulan, sewa rumah dan sewa lahan tambahan selama enam bulan , maka realisasinya juga belakangan.

Khusus untuk warga pengungsi desa Sigarang-garang dan desa Sukanalu yang saat ini masih berada di pengungsian seperti KWK Berastagi, UKA II dan UKA III, GBKP jalan Kota Cane dan Posko KNPI Kabanjahe yang segera bakal dipulangkan sesuai rekomendasi pihak Vulkanologi, pencairan dana bantuan padat karya disalurkan melalui BRI Cabang Kabanjahe dengan buku rekening masing-masing kepala keluarga. Hal ini disepakati untuk menjauhi presebsi negative dalam penyaluran batuan jika dilakukan dari tangan ke tangan.

Kacab BRI Kabanjahe, Toufik Hidayat, Rabu (25/2) di kantor BPBD Karo mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah siap menyalurkan bantuan kepada warga dua desa pengungsi Sinabung, tentunya atas dasar kordinasi BRI Kabanjahe dengan BPBD Karo.

sumber : medanbisnis

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar