Home / Seputar Madina / Penyebab Medis Kelainan Bayi Mata Satu Masih Diteliti

Penyebab Medis Kelainan Bayi Mata Satu Masih Diteliti

Kepala Dinas Kesehatan Mandailing Natal, dr Syarifuddin

 

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Faktor penyebab kelainan pada bayi mermata satu di Panyabungan, Mandailing Natal belum diketahui.

Pihak Dinas Kesehatan Mandailing Natal masih akan membawa sampel ke Medan untuk diteliti di laboratorium.

Meski bayi malang itu telah meninggal dunia pada Kamis malam (13/9/2018), namun, penelitian masih akan dilakukan melalui sampel.

“Karena kita di Madina ini belum mempunyai alat untuk mencek sampel tersebut makanya nanti akan kita kirim ke Medan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Mandailing Natal, dr. Syafaruddin menjawab wartawan, Kamis.

Meski begitu, ketika ditanya kemingkinan-kemungkinan penyebab kelainan, Syarifuddin menyatakan bisa diduga disebabkan oleh penggunaan obat-obatan pada masa kehamilan di trisemester pertama pembentukan janin.

Selain itu, penyebabnya juga bisa disebabkan oleh virus Torch yang masuk kedalam tubuh manusia.

“Secara medis kita berpendapat penyebabnya begitu,” katanya.

Meskipun begitu dirinya belum dapat memastikan secara pasti penyebab hal ini karena hingga saat ini pihak keluarga belum bisa ditanyai secara kooperatif mengenai hal itu karena baru melahirkan.

Sedangkan penyebab yang diduga diakibat virus. Untuk memastikan hal ini juga perlu dilakukan pemeriksaan secara medis apakah ada atau tidaknya virus tersebut didalam tubuh si ibu.

Meskipun demikian virus Torch tetap selalu menghantui manusia karena virus ini berasal dari makanan dan bulu kucing.

Sedangkan faktor bahan kimia merkuri masih dianggap kemungkinan kecil saja. Hal ini disebabkan karena orang tua si bayi tersebut meskipun aktifitas kesehariannya penambang emas, namun domisilinya jauh dari lokasi aktifitas tambang.

Sumber : Antara

Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.