Home / Seputar Madina / Pergantian Kepsek MAN Kase Raorao Salah Fatal

Pergantian Kepsek MAN Kase Raorao Salah Fatal

Mara Halim Nasution

Mara Halim Nasution

BATANG NATAL (Mandailing Online) – Pemerhati Pendidikan Batang Natal, Marahalim Nasution menilai keputusan Kanwil Kemenag Sumut mengganti kepala sekolah MAN Kase Raorao merupakan kesalahan fatal.

Itu dikatakan Marahalim, Kamis (30/6/2016) terkait penempatan kepala sekolah yang baru di MAN Kase Raorao, Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal menggantikan H. Irfansyah, SPd, MA.

“Saya katakan bahwa keputusan Kanwil Kemenag Sumut untuk mengganti Kepala Sekolah MAN Kase Raorao H. Irfansyah, SPd, MA dengan menempatkan Drs. H. Ahmad Saipuddin Harapan, MPd merupakan kesalahan fatal. Penempatan Kepala Sekolah baru itu salah alamat. Mengganti H. Irfansyah, SPd, MA sama sekali keliru,” katanya.

Diungkapkannya, selain karena tidak punya catatan buruk di masyarakat, H. Irfansyah sudah berhasil mengangkat nama sekolah tersebut hanya dalam waktu sekitar satu setengah tahun. Saat ini MAN Kase Raorao sudah jadi sekolah favorit. Jumlah murid barunya meningkat drastis dari sekitar seratus melonjak jadi 151 orang siswa.

Marahalim Nasution juga menyebutkan, “Jelas kehadiran H. Saipuddin Harapan di situ tidak hanya mengagetkan seluruh siswa dan keluarga besar MAN Kase Raorao, tapi juga mengejutkan masyarakat Batang Natal pada umumnya. Kenapa tidak kaget dan terkejut? Kepsek sebelumnya sudah memajukan sekolah itu dan yang terpenting berhasil merangkut masyarakat untuk berpartisipasi sebesar-besarnya di sekolah kebanggaan ini. Setahu kita, kalau pun ada pergantian, itu setelah empat tahun.”

Oleh karena itu, berdasarkan observasi dan wawancaranya dengan sejumlah tokoh masyarakat Batang Natal, Marahalim Nasution menyimpulkan bahwa keputusan Kepala Kanwil Kemenag Sumatera Utara menggantikan kepala sekolah itu harus ditinjau ulang. “Harapan kami, kerja sama yang terbina selama ini, baik kerja sama di sekolah itu dan antara sekolah dengan Komite Sekolah dan masyarakat umum tidak terkena imbas pergantian ini. Jelas kok selama ini, solidaritas tumbuh di MAN Kase Raorao,” tandas Marahalim Nasution.

Sementara itu, Ketua Komite Sekolah Ahmad Hadi Hasibuan di tempat terpisah menyatakan bahwa dia kaget luar biasa mendengar pergantian kepala sekolah itu.

”Saya menduga Kakanwil Sumut melakukan kebijakan sendiri tanpa mengumpul masukan dari lapangan. Selaku komite, beberapa hari belakangan ini saya didatangi banyak warga menanyakan hal pergantian kepala sekolah,” katanya.

Kedatangan warga tersebut mengungkapkan kekecewaan karena kepala sekolah yang telah benyak menorah prestasi malah diganti orang lain.

Editor : Ludfan Nasution

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar