Home / Seputar Tapsel / Peringatan Harkitnas di Tapsel & Psp

Peringatan Harkitnas di Tapsel & Psp


Tabur Bunga di Makam Pahlawan
TAPSEL-

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas di Tapsel dan Psp, Jumat (20/5) diisi dengan upacara dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan oleh pejabat-pejabat di kedua daerah itu.
Di Tapanuli Selatan (Tapsel), upacara dipimpin Sekdakab H Aswin Efendi Siregar MM. Upacara digelar di halaman Kantor Bupati Tapsel, Jalan Kenanga, Kecamatan Padangsidimpuan (Psp) Selatan, Psp.
Aswin Efendi Siregar di hadapan komandan upacara Danramil Batang Toru Kapten Inf Saridi, dan puluhan pelajar, TNI, Polri, OKP, Ormas dan PNS, membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) RI Tifatul Sembiring.
Disampaikannya, tema peringatan Harkitnas tahun ini adalah ‘Dengan Semangat Kebangkitan Nasional Kita Wujudkan Kebangsaan yang Berkarakter Berdaya Saing Menuju Masyarakat Sejahtera’.
Tahun ini lebih dari seratus tahun Indonesia berproses menjadi bangsa berdaulat dengan diwarnai berbagai pasang surut nilai kebangsaan seiring tuntutan zaman. “Ini adalah hal yang mau tidak mau berada dalam proses kehidupan bangsa,” katanya.
Ia menambahkan, berbagai ancaman terhadap bangsa nyatanya tidak menggoyahkan kesatuan. Karena itulah, sangat penting bagi bangsa Indonesia untuk menjaga konsistensi hakikat semangat kebangkitan nasional dalam menghadapi kemajuan dan perubahan.
“Konsistensi ini penting karena nilai-nilai kebangkitan nasional dan kebangsaan harus dapat jadi energi kemajuan,” ujarnya.
Diharapkan, generasi muda hendaknya menguatkan karakter nasional yang menjadi jati diri bangsa. “Sebab, generasi mudalah yang akan mengarahkan bangsa di masa depan, sehingga Indonesia menjadi sejajar dengan bangsa lain,” terangnya.
Usai upacara, peringatan Harkitnas dilanjutkan dengan upacara penghormatan dan tabur bunga di makam pahlawan Simagomago, Kecamatan Sipirok oleh sejumlah unsur muspida dan muspida plus Tapsel.
Turut hadir dalam peringatan itu, Wakil Bupati Tapsel H Aldinz Rapolo Siregar, Ketua TP PKK Tapsel Ny Syaufialina Syahrul M Pasaribu dan unsur muspida plus Tapsel.
Sementara itu, Harkitnas di lingkungan Pemerintah Kota Padangsidimpuan, Jumat (20/5) diperingati secara sederhana di Stadion HM Nurdin, Kota Psp.
Paginya, dilaksanakan ziarah dan tabur bunga di taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Psp yang dipimpin Wakapolres Psp Kompol Maradolok Siregar dan diikuti muspida plus.
Dalam ucapara peringatan Harkitnas, Wakil Wali Kota (Wawako) Psp Maragunung Harahap bertindak sebagai inspektur upacara dan Kapten Inf Triswanto sebagai perwira upacara, dan komandan upacara Lettu R Simamora.
Tifatul Sembiring dalam sambutan harkitnas yang dibacakan Wawako Psp, mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berfikir secara nasional dalam membangun Indonesia baru di masa depan dengan mengutamakan kepentingan kehidupan nasional.
Peringatan Harkitnas ini menjadi sangat penting, karena nilai-nilai kebangsaan, persatuan dan kesatuan, kebersamaan yang telah dipelopori pendahulu melakui gerakan Boedi Oetomo, harus dapat dijadikan energi bagi langkah-langkah perjuangan kita ke depan.
“Kesempatan ini sekaligus juga sebagai renungan dan evaluasi sejauh mana semangat nasionalisme tersebut terimplementasi dalam setiap potensi, profesi tugas dan tanggung jawab perilaku masing-masing individu warga negara Indonesia,” ujarnya. (neo/phn)
Sumber : Metrotabagsel

Comments

Komentar Anda