Home / Pendidikan / Pesantren Darul Mursyid Tidak Naikkan SPP

Pesantren Darul Mursyid Tidak Naikkan SPP

TAPSEL (Mandailing Online) – Pihak manajemen Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) mengaskan bahwa tidak menaikkan biaya SPP untuk tahun ajaran baru tahun.

Kebijakan itu diputuskan pada rapat pimpinan PDM di Berastagi yang berlangsung di Berastagi Cotage tanggal 13 hingga 16 Juni 2013.

Kebijakan tidak menaikkan biaya SPP itu berdasar beberapa factor. Pertama, pertimbangan semakin melemahnya perekonomian masyarakat dikarenakan gonjang-ganjing harga BBM.

Kedua, bahwa telah beredar isyu yang mengatakan Darul Mursyid menaikkan SPP di tahun ajaran baru ini.

Ketiga, dan yang paling dominan adalah bahwa masyarakat akan menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Sedangkan faktor lain adalah semakin banyak kebutuhan masyarakat seperti memasukkan anak kesekolah serta membeli perlengkapannya.

Menurut ketua umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir) pengelola Darul Mursyid, Jafar Syahbuddin Ritonga bahwa keputusan yang diambil pada rapat pimpinan ini adalah sangat dilematis.

“Disatu sisi harga barang-barang telah bergerak naik, hal ini sangat mempengaruhi dana operasional kita sehari-hari tentunya, namun di sisi lain daya beli masyarakat semakin melemah dan kita sangat prihatin melihatnya,” papar Jafar yang masih status mahasiswa S3 program DBA Universitas Sains Malaysia (USM) di Pulau Pinang Malaysia.

Meski begitu, pihaknya masih mungkin melakukan penyesuaian jika pemerintah sudah mengeluarkan keputusan harga BBM pasca persetujuan DPR RI tempo hari.

Peliput : Maradotang Pulungan
Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar