Home / Seputar Madina / Peserta PNS Lulus 3 Jam

Peserta PNS Lulus 3 Jam


KEBANGGAAN dan kegembiraan Poltak Dobdy Purbatua Manik, pelamar Penyuluh KB di Pemko Medan, hanya bertahan tiga jam.

Hari Rabu dini hari pukul 01.00 WIB, dia melihat pengumuman kelulusan CPNS melalui komputer di kosnya bersama seorang temannya. Sekaligus, untuk mengecek kelulusan teman-teman dan adiknya yang mengikuti ujian CPNS di Sibolga dan Siantar. Ketika login nama dan password di www.pcpns.pemkomedan.go.id, ia dinyatakan lulus.

Poltak berteriak kegirangan yang membangunkan penghuni kos sebelah kamarnya. Spontan Poltak memberitahukan berita kelulusannya pada teman-teman dan orangtuanya di Siantar. Tak lupa ia mentraktir teman sekamarnya.

Waktu berlalu hingga menunjukkan pukul 04.00, Poltak memeriksa kembali kelulusannya. Setelah melalui proses loading yang lambat, akhirnya kekecewaannya membuncah ketika di website yang sama, namanya dinyatakan tidak lulus. “Bukan hanya malu dengan keluarga dan tetangga, aku pun down dan malu dengan diri sendiri. Padahal keluarga sudah sempat doa ucapan syukur bersama,” katanya.

Teman satu kosannya pun heran dengan hasil yang muncul di layar komputer. Poltak sempat menyimpan dan mencetak print pengumuman via website tersebut. Sayang Poltak tak seberani Inri dan Fahmi. Dia tidak mendatangi BKD Medan, tapi memilih mencurahkan unek-uneknya pada Tribun.

“Aku sebenarnya optimistis ujian kali ini bersih. Aku percaya dengan sistem yang digunakan. Tapi, kalau hasilnya seperti ini, kok, penyelenggaranya tak serius. Menganggap bahwa ini hal sepele,” tutur anak pertama dari lima bersaudara ini. Ini adalah kali kedua, Poltak mengikuti ujian CPNS, setelah sebelumnya tahun 2004. Demi ujian CPNS, ia sengaja mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai collection di satu bank swasta.

“Untuk persiapanlah, mundurnya sejak awal November. Sempat ikut try out juga. Dan, sejujurnya aku berharap kali lulus,” ujar alumni Ilmu Komunikasi Fisip USU stambuk 2007 extension ini.
Berdasarkan data yang diberikan BKD Medan, Poltak memang tidak lulus dana hanya menempati ranking 50 dengan nilai 68 dari 352 peserta yang ikut ujian.(mom)(*).
Sumber : Tribun

Comments

Komentar Anda