Home / Berita Sumut / PLN: Dua Bulan ke Depan Medan Masih Gelap

PLN: Dua Bulan ke Depan Medan Masih Gelap

Belawan, – Dua bulan ke depan warga Kota Medan masih tetap mendapat giliran pemadaman oleh PT PLN (Persero). Pasalnya, hingga pertengahan Nopember 2013 PLN masih memberlakukan pemadaman bergilir bagi warga Kota Medan.
Hal itu dikatakan General Manager Pembangkitan PLN Sumatera Utara (Sumut) Benardus kepada anggota DPD asal Sumut Parlindungan Purba yang melakukan peninjauan ke PT PLN Sektor Belawan di kawasan Sicanang Belawan, Rabu (18/9).

Menurut Benardus, salah satu penyebab utama terjadinya pemadaman bergilir adalah terjadinya devisit antara kemampuan PLN menyediakan listrik dengan kondisi kebutuhan di masyarakat yang mengalami peningkatan 9-10 persen.

Selain itu kata Benardus, pembangkit listrik tenaga uap yakni GT-22 yang mampu menghasilkan daya sebesar 180 MW tidak beroperasi karena masih dalam pemeliharaan. Jika dipaksakan maka pembangkit tersebut akan mengalami kerusakan yang fatal. Sedangkan GT-12 yang saat ini mengalami kerusakan mampu menghasilkan daya sebesar yang dihasilkan GT-22.

Jadi, untuk proses perbaikan jelas Benardus akan memakan waktu 60 hari ke depan. “Artinya listrik di Kota Medan akan normal pada pertengahan Nopember 2013,” jelasnya.

Menanggapi penjelasan tersebut, Parlindungan Purba mengatakan, pemeliharaan mesin pambangkit listrik dan keterlambatan masuknya mesin baru ke PT PLN Sektor Belawan menjadi pembelajaran. “Saya minta kepada pemerintah pusat, supaya memperhatikan Sumut. Tolong dong dikasih duit yang besar untuk membangun pembangkit listrik yang ‘gede-gede’ di Sumut ini,” katanya.

Pada kesempatan itu Parlindungan juga melakukan peninjauan mesin pembangkit listrik tenaga uap GT-22 yang sedang dalam proses pemeliharan.(MB)

Comments

Komentar Anda

8 comments

  1. Dari dulu memang gitu,tarip listrik naik pelayanan smakin buruk.

Silahkan Anda Beri Komentar