Home / Seputar Madina / Plt Bupati Madina: Tidak Ada Main Duit di CPNS

Plt Bupati Madina: Tidak Ada Main Duit di CPNS


PANYABUNGAN (Mandailing Online)
– Plt Bupati Madina, Dahlan Hasan Nasution disela kegiatan pemantauan ujian CPNS, Minggu (3/11/2013) mengatakan sesuai hasil pantauannya di lapangan ujian tersebut berjalan dengan lancar.

“Tidak ada anggota saya yang bermain-main duit dalam pelamaran CPNS ini, namun kalau orang luar yang menjual-jual nama saya itu saya tidak tahu, namun yang jelas penerimaan CPNS tahun ini murni,” ujar Dahlan.

“Sekarang ini yang perlu kita pikirkan bersama bagaimana nasib para tenaga honorer yang masuk pada kategori dua tahun ini, karena sesuai dengan informasi yang kita terima, dari 353 peserta yang ikut dalam kategori dua hanya 30 persen yang akan diloloskan menjadi CPNS,” katanya.

“Kita sangat mengharap kepada pemerintah pusat untuk mengambil kebijakan sehingga tenaga honorer yang ikut pada kategori dua tahun ini ada kebijakan, karena berdasarkan data yang ada masih ada sekolah yang hanya memiliki guru PNS satu orang saja, dan kekurangan guru PNS masih sangat dibutuhkan,” tegas Dahlan.

Peliput : Maradotang Pulungan
Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

8 comments

  1. Halah…sapa bilang g bakalan ada g pake hepeng.mang situ pak dahlan tau?jajaran bawahan mu dah mulai bermain api buat manggang ayam kalkun utk disantap sendiri.sbg masyarakat biasa saya sdh sinis,pesimis dgn kebijakan pemkab madina yg g pernah ada memberikan jln keluarnya…

  2. Hai pak…dari tempat saya tinggal saja ada 2 orang yang dbayar dan nilai skornya bagus.200juta…koq gk pake duit…..bohong besar !!!!

  3. Bohong… sebagian sih murni, tp masa iya yg blm lancar mmbaca bisa lulus? Suami istri pl tuh…

  4. untuk menghindari unek2 dari masyarakat sebaiknya bapak harus tegas kepada pihak bkd ataupun ppk dengan perintah mengumumkan nilai seluruh beserta peringkat dari yg lulus,tidak lulus sampai yg datanya katanya tdk valid. gampangkan pak.terimakasih

  5. makanya tegas

    ingat pak. ini masa kompetesi buat bapak jadi disini kami harapkan supaya bapak lebih tegas dalam mengambil tindakan termasuk dlm pengadaan seleksi ujian cpns 2013. lagin juga bapak gak mau kan senasib dengan org2 sebelum bapak

  6. Peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 memprotes sikap lamban daerah yang molor mengumumkan hasil seleksi. Seperti di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara yang hingga saat ini belum juga mengumumkan hasil seleksi tersebut.

    “Kami meminta pusat segera menindak lanjuti Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal yang sampai saat ini tidak mau mengumumkan hasil tes ujian CPNS,” kata Fadilah Zykra, salah seorang peserta seleksi CPNS dalam surat elektroniknya yang dikirim ke JPNN.com, Sabtu (4/1).

    Penundaan pengumuman CPNS 2013 ternyata tidak hanya terjadi di Mandailing Natal, tapi juga di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Keluhan ini disampaikan Rais Aldika. Ia berharap agar pusat segera mengambil tindakan tegas kepada dua daerah yang tidak mengindahkan pengumuman CPNS tepat waktu.

    Sebelumnya, Deputi SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (KemenPAN-RB) yang juga Sekretaris Panselnas, Setiawan Wangsaatmaja, Jumat (27/12/2013) di Jakarta memerintahkan daerah agar mengumumkan hasil seleksi CPNS 2013 paling lambat 1 Januari 2014. Namun, perintah ini tidak dilaksanakan oleh beberapa daerah.

    “Kita harapkan sebelum 1 Januari, seluruh daerah kecuali Papua dan Papua Barat sudah mengumumkan agar tidak merugikan peserta seleksi CPNS. Bagaimana bisa diproses NIP-nya oleh BKN kalau pemda tidak mau menetapkan kelulusan. Jadi ini butuh kearifan PPK juga. Jangan sampai rakyat yang disusahkan. Kalau pemda memang ingin mendapatkan SDM berkualitas, saya yakin pemda akan mengumumkan sebelum 1 Januari 2014,” kata Setiawan kepada JPNN.com. (awa/jpnn)

  7. Hasil tes kompetensi dasar (TKD) CPNS 2013 tak bisa diubah oleh siapapun. Kalau putera daerah tidak lulus, ke depan pemda dapat meningkatkan kapasitas para calon peserta tes, antara lain melalui bimbingan belajar sejak jauh-jauh hari sebelum seleksi CPNS.

    Penegasan ini disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar menanggapi aksi protes oleh beberapa daerah, lantaran minimnya putera daerah yang tidak lulus tes CPNS.

    “Sejak awal kami telah mengumumkan kisi-kisi soal TKD CPNS, yaitu karakteristik pribadi, intelegensia umum dan wawasan kebangsaan. Dan saya selalu menekankan, kalau calon peserta mau lulus tes supaya belajar dan belajar, bukan percaya dengan calo,” ujar Azwar dalam keterangan persnya, Sabtu (4/1).

    Azwar mengatakan tidak masuk PNS bukan berarti kiamat, karena PNS bukan satu-satunya lapangan pekerjaan. Selain itu, tahun depan juga masih ada kesempatan lagi untuk mengikuti seleksi.

    Dalam seleksi CPNS yang bersifat nasional ini, tidak ada larangan bagi warga negara Indonesia untuk mengikuti tes di daerah lain. Seleksi CPNS 2013, lanjut politisi PAN ini, memang untuk mendapatkan putera-puteri terbaik bangsa, yang diselenggarakan secara transparan, obyektif, bebas dari KKN dan tanpa dipungut biaya.

    “Kita betul-betul merekrut calon pegawai memiliki kompetensi, bukan CPNS yang hanya ongkang-ongkang kaki terima gaji buta,” tegasnya.

    Dijelaskan, untuk mengontrol sesuatu yang bobrok bukan hal gampang. Harus terus dikontrol, dan bila ditemui ada permainan akan segera ditindaklanjuti. Pemerintah telah membuat berbagai kebijakan untuk menjamin tes berlangsung secara fairness. Tidak boleh lagi peserta lolos karena dekat dengan pejabat atau uang, sehingga PNS menjadi profesi yang membanggakan karena persaingan yang sehat.

    “Seleksi CPNS ini menjadi pelajaran penting bagi anak daerah agar senantiasa meningkatkan kemampuannya,” ucapnya.

    Upaya tersebut diperkuat dengan adanya Undang-Undang Aparatur Sipil Negara, yang menegaskan tidak ada lagi PNS daerah atau PNS pusat. Yang ada adalah PNS RI.

    Selain melalui bimbingan, bagi pemda yang melakukan tes kompetensi bidang (TKB) sebenarnya dapat membuka ruang bagi putera daerah. (esy/jpnn)

  8. jadi kapan ya pengumuman rangking cpns 2013 kab madina????
    mohon tindakannya ya pak.
    trimakasih.

Silahkan Anda Beri Komentar