Home / Seputar Tapsel / Pohon Besar Ancam Warga Dikhawatirkan Tumbang

Pohon Besar Ancam Warga Dikhawatirkan Tumbang

SIDEMPUAN-Keberadaan pohon besar yang tumbuh di pinggir Jalan Sudirman Kelurahan Timbangan, Kecamatan Psp Utara, sangat dicemaskan masyarakat Sigiring-giring. Selain besar, pertumbuhannya juga menyeramkan.
Alasan warga yang bermukim di sekitar pohon besar ini, mereka takut jika nantinya hujan lebat dan angin kencang, akan menyebabkan ranting dan cabang pohon akan patah dan menimpa rumah, warga, dan pengendara yang lewat.
Selain itu, dengan patahnya bagian pohon, akan menyebabkan keberadaan kabel yang ada di sekitar pohon besar putus dan menimpas segala sesuatu yang ada di bawahnya. Jika ini terjadi, bukan saja menimbulkan kerugian materi tapi juga mengancam nyawa.
Karenanya, masyarakat Sigiring-Giring meminta Pemko Psp segera memangkas cabang atau menebang cabang pohon besar yang berada di pinggir jalan tersebut.
Pantauan METRO, pohon besar dengan lebar sekitar dua pelukan orang dewasa dengan ketinggian sekitar 20 meter. Kondisi batangnya memang nampak masih kokoh, namun cabang-ccabang pohon ada yang sudah mengenai atap rumah warga, mengenai kabel listrik serta cabangnya sampai ke jalan raya.
Jika cabang pohon tidak cepat dipotong, dikhawatirkan, jika hujan dan angin kencang cabang pohon patah dan jatuh ke rumah warga yang ada di bawah dan samping kiri kanan pohon ataupun menutupi badan jalan dan memutuskan kabel listrik.
“Kalaulah angin kencang dan hujan deras menyebabkan pohon ini tumbang, dahan dan cabangnya pasti jatuhnya ke rumah warga dan merusak. Belum lagi kabel listrik dan lainnya, jika putus terkena dahan atau cabang bisa menimbulkan korsleting listrik dan kebakaran serta lainnya. Kemudian bisa menutupi jalan raya, bahkan mengenai pengendara yang melintas atau lainnya. Makanya kita minta agar pemerintah memotong ranting dan cabang ini agar tidak membuat kita cemas,” ujar warga sekitar Fahmi (37) kepada METRO, Minggu (29/1) kemarin.
Warga lainnya, Andi (31) juga meminta agar Pemko melalui dinas terkait agar segera memotong pohon besar tersebut sebelum warga menjadi korban. “Sebelum kejadian yang tidak diingin terjadi, kita berharap pemerintah segera memotongnya, karena setiap saat kita selalu khawatir,” tuturnya. (phn/mer.metrotabagsel)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar