Home / Seputar Madina / Polisi Pastikan Gas Beracun Penyebab Tewas Penambang Sere

Polisi Pastikan Gas Beracun Penyebab Tewas Penambang Sere

MUARA SIPONGI (Mandailing Online) – Kapolsek Muara Sipongi, AKP Arlen Siagian melalui Kanit Reskrim Aipda Ibrahim Iksan yang dihubungi, Selasa (2/9/2014) memastikan faktor gas beracun penyebab tewasnya para penambang di Muara Sipongi.

Dia menyatakan bahwa kejadiannya pada Senin sore (1/8) sekitar pukul 17.00 WIB. Jenazah kelima korban tewas baru bisa dikeluarkan sekitar pukul 18.00 WIB.

Seperti diberitakan sebelumnya, 5 orang tewas dan 1 kritis di dalam lobang tambang emas Dusun Tambang Ubi, Desa Aek Botung Kecamatan Muara Sipongi, Senin (1/8/2014).

Mereka diduga menghirup gas beracun saat berada di dalam lobang tambang yang mereka kerjakan. Gas itu keluar dari perut bumi.

Evakuasi yang dilakukan warga bersama polisi terhadap korban cukup sulit. Selain kondisi lubang yang sempit juga di dalam lobang terdapat gas beracun.

Warga yang menolong pun terpaksa menggunakan tabung oksigen agar bisa aman di dalam lobang saat mengevakuasi.

Nama-nama korban tewas adalah Buan (40), Damis (30) dan Cewin (30) warga Aek Botung. Dua lainnya bernama Adek (20), Idris (31) juga warga Aek Botung. Kedua orang ini tewas ketika berupaya menolong ketiga rekan mereka.

Sementara Swandi (22) juga warga Aek Botung berhasil selamat. Dia masuk lobang hendak menolong rekan-rekanya namun nyaris pingsan sebelum berhasil merangkak ke permukaan.

Peliput : Lokot Lubis
Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar