Home / Seputar Madina / Potensi Tembakau Madina Bagus

Potensi Tembakau Madina Bagus

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Potensi budidaya tembakau di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) sejauh ini cukup menjanjikan dikembangkan. Kendalanya hanya soal pasar.

Kawasan budidaya tembakau selama ini berada kawasan Kotanopan dan Panyabungan Timur, dimana warga di dua kawaan ini sudah lama menanam tembakau secara tradisional.

Kepala Dinas Perkebunan Kehutanan, Mara Ondak melalui Kasi Perkebunan A.Yasir Lubis SP Yasir, Rabu (22/5/2013) mengatakan, Lokasi pertanaman tembakau di Kecamatan Panyabungan Timur berada pada ketinggian 600 hingga 800 mdpl.

Data ketinggian kawasan ini menunjukan bahwa lokasi ini sesuai untuk pengembangan tembakau, begitu juga dengan di Simandolam Kecamatan Kotanopan.

Dari sisi sumber daya manusia, warga Panyabungan Timur dan Kotanopan sudah lama memahami dan menguasai tehnik berbudidaya tembakau.

Berdasar anjuran umum, tembakau cocok ditanam pada daerah curah hujan rata- rata 2.000 mm per tahun, dengan suhu udara yang cocok antara 21 sampai 32 derajat celcius. PH tanah gembur, remah, mudah mengikat air dan ketinggian antara 200 – 3.000 mdpl.

Potensi itu merupakan peluang dalam meningkatkan budidaya tembakau di Madina dan tarap hudup petani.

Berdasarkan itulah, pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan PT.SCCT Medan soal pengembangan tembakau dan pasarnya. Dan pihak STTC telah setuju melakukan kemitraan dengan pemkab Madina serta petani Madina. (mar)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar