Home / Berita Sumut / Provinsi Sumatera Tenggara dibentuk?

Provinsi Sumatera Tenggara dibentuk?

MEDAN – Bupati Padang Lawas Utara, Bahrum Harahap mengusulkan segera dibentuk panitia pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara di lima daerah, berikut panitia di tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Ia juga berharap kelima daerah menyiapkan dana dalam jumlah yang cukup untuk menyokong gerakan pembentukan provinsi baru tersebut. “Kami sendiri di Padang Lawas Utara sudah menganggarkan Rp1,5 miliar,” ujarnya, tadi sore.

Bahrum juga mengusulkan wilayah Provinsi Sumatera Tenggara diperluas hingga ke kawasan eks Labuhan Batu yang meliputi Kabupaten Labuhan Batu dan Labuhan Batu Selatan, mengingat sekitar 35 persen warganya merupakan masyarakat dari kawasan Tabagsel.

“Dalam hal ini kita harus benar-benar kompak. Mari kita manfaatkan momentum ini untuk mematangkan rencana pembentukan provinsi baru ini,” ujarnya. Plt Bupati Mandailing Natal Aspan Sofian dan Bupati Padang Lawas Basrah Lubis juga mengajak kelima daerah bersatu padu.

“Kita butuh kebersamaan untuk mewujudkan percepatan pembangunan di Tabagsel sekaligus pembentukan Provinsi Sumtra,” ujar Basrah Lubis. Sedangkan Wakil Wali Kota Padang Sidempuan Maragunung Harahap bahkan menyatakan telah menyiapkan lahan di daerahnya untuk membangun bakal Kantor Gubernur Sumtra.

“Selain menyiapkan lahan, kami juga telah menganggarkan dana untuk percepatan perwujudkan provinsi baru ini,” katanya.
sumber: waspada

Comments

Komentar Anda