Home / Seputar Madina / PT.SMGP Berdayakan Petani Dengan 3.500 Bibit Jeruk Manis di Puncak Sorik Marapi

PT.SMGP Berdayakan Petani Dengan 3.500 Bibit Jeruk Manis di Puncak Sorik Marapi

 

PUNCAK SORIK MARAPI (Mandailing Online) – Kawasan Puncak Sorik Marapi, Mandailing Natal merupakan kawasan yang memiliki potensi penghasil palawija maupun buah-buahan.

Hanya saja, kendala modal usaha menjadikan perkebunan buah-buahan di kawasan ini tak mampu berkembang. Bahkan jeruk manis Sibanggor yang terkenal itu sudah lama berkurang produksinya.

Dalam peran-sertanya memberdayakan petani mengembangkan perkebunan buah-buahan, PT. Sorik Marapi Geothermal Power (PT SMGP) memberikan bantuan bibit jeruk manis sebanyak 3.500 batang kepada Kelompok Tani Tunas Harapan yang ada di Kecamatan Puncak Sorik Marapi.

Pemberdayaan ini merupakan program CSR dari perusahaan yang bergerak di sektor panas bumi itu. Penyerahan itu bertempat di Desa Hutabaringin Jae, Senin (22/6).

Dan salah satu bentuk komitment dari perusahaan dalam hal pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya petani yang merupakan mayoritas di Kecamatan Puncak Sorik Marapi.

Anggota Kelompok Tani Tunas Harapan berasal dari beberapa desa di Puncak Sorik Marapi, meliputi Desa Hutanamale, Kampung Lamo, Hutatinggi, Hutabaringin Jae, Hutabaringin Julu, Handel dan Desa Hutalombang.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Hutabaringin Jae, Rahmat menyampaikan ucapan terimakasih kepada perusahaan yang telah memberdayakan masyarakat khususnya para petani, dimana memang pada saat ini modal merupakan kendala utama bagi petani dalam mengembangkan tanaman jeruk.

Kepala Desa juga menyampaikan harapannya agar perusahaan dengan masyarakat bisa terus bekerja sama dalam dinamika pembangunan di Kabupaten Mandailing Natal.

Editor : Dahlan Batubara

 

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar