Home / Berita Sumut / PT SOL Sukses Ujicoba Sumur, Warga Dua Desa Diungsikan
sarulla

PT SOL Sukses Ujicoba Sumur, Warga Dua Desa Diungsikan

TARUTUNG – PT Sarulla Operation Limited (SOL) selaku konsorsium perusahaan yang mengoperasikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla Pahae akhirnya berhasil mengembangkan uji coba produksi sumur panas bumi Sil I di Desa Silangkitang, Kecamatan Pahae Jae, Taput, Sabtu (11/1).

Dan untuk menghindari gangguan atas dampak uji coba tersebut, sebanyak 400-an warga dua desa yang berdekatan dengan lokasi sumur, yakni Desa Silangkitang dan Desa Sigurunggurung diungsikan sementara di SD Inpres Silangkitang.

Di sana warga yang diungsikan diberi fasilitas oleh SOL mulai dari transportasi, pendirian sejumlah tenda hingga kebutuhan makan minum selama uji produksi berjalan normal. Demikian disampaikan Plt Sekda Taput Drs HP Marpaung kepada wartawan beberapa waktu lalu, di sela-sela peninjauan uji coba sumur panas bumi tersebut.

Katanya, warga diungsikan sesuai permintaan warga setempat kepada pihak SOL menyusul adanya kekhatiran atas uji coba tersebut. Dan oleh PT SOL menyanggupi permintaan tersebut dan mengatur evakuasi warga hingga ujicoba berjalan normal. Ujicoba yang dihadiri Muspida Taput itu dimulai sekitar pukul 10.00 hingga 15 hari ke depan secara kontiniu.

“Ujicoba ini nonstop dilakukan selama 15 hari ke depan untuk menguji tekanan uap yang dihasilkan satu sumur. Sehingga kita mengetahui berapa energi listrik yang dihasilkan,” kata Menejer Humas PT SOL Hindustan Sitompul.

Katanya, sumur Sil I Silangkitang ini merupakan salah satu dari tiga sumur di kawasan itu untuk menghasilkan energi listrik 110 mega watt (MW) sementara potensi panas bumi yang dihasilakan nanti sekitar 330 MW.

“Tahap pertama kita mengujicoba sumur Sil I dua. Untuk ujicoba selanjutnya akan dilakukan pada sumur Sil I tiga kemudian diusahakan secara total sumur ini menghasilkan uap, sehingga bisa memutar turbin yang telah tersedia dan diharapkan pada jangka waktu empat tahun kedepan Sarualla ini dapat menghasilkan listrik sebesar 330 MW,” ucapnya. (metro)

Comments

Pendapat Anda

Silahkan Anda Beri Komentar