Home / Pendidikan / Puluhan Ribu Calon Mahasiswa Bersaing Masuk USU

Puluhan Ribu Calon Mahasiswa Bersaing Masuk USU


MEDAN :
Sebanyak 14.039 peserta akan bersaing masuk Universitas Sumatra Utara dalam ujian masuk bersama perguruan tinggi negeri yang digelar 12 universitas se-Indonesia.

Humas Universitas Sumatra Utara (USU) Bisru Hafi mengatakan hingga batas akhir masa pendaftaran melalui panitia ujian masuk bersama perguruan tinggi (UMB-PT), Kamis, (7/7) tercatat 14.093 calon mahasiswa mendaftar ke perguruan tinggi itu.

“Jumlah tersebut masing-masing terdiri dari untuk kelompok IPA sebanyak 5.845 orang, IPS 4.657, dan IPC (campuran) 3.537. Ujian akan digelar Sabtu (9/7) mulai pukul 08.00 WIB,” katanya di Medan, Jumat 8 Juli 2011.

Ujian diawali dengan materi tes nalar sains untuk kelompok peserta IPA dan IPC dan sesi kedua yang dimulai pukul 10.00-12.00 WIB akan mengujikan materi tes nalar matematika dan bahasa yang diikuti oleh kelompok peserta IPA, IPS dan IPC.

Sedangkan pada sesi ketiga akan diujikan materi tes nalar ilmu sosial dimulai pukul 12.45-14.15 WIB yang diikuti oleh kelompok peserta IPS dan IPC.

Ia mengatakan, berkaitan dengan pelaksanaan ujian tulis UMB-PT tersebut, semua persiapan menyangkut kebutuhan ujian mulai dari ketersediaan soal, pengamanan soal, ketersediaan pengawas ruang ujian, kesiapan ruang ujian tim kesehatan hingga koordinasi dengan aparat keamanan/kepolisian telah dirampungkan persiapannya oleh jajaran panitia lokal (Panlok) USU.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengimbau peserta agar sehari sebelum ujian, dapat melakukan peninjauan langsung ke lokasi di mana yang bersangkutan akan mengikuti ujian karena dikhawatirkan pada hari “H” peserta tersebut dapat tersesat ke lokasi lain terutama yang berasal dari daerah.

Peserta juga diimbau berangka menuju ke tempat ujian dengan lebih cepat agar terhindar dari kemacetan, dan diminta tidak melakukan kecurangan dalam bentuk apapun, karena akibatnya akan merugikan peserta ujian itu sendiri.

“Tidak diperkenankan membawa alat komunikasi (HP) dalam bentuk yang paling canggih sekalipun ke ruang ujian, serta tidak lupa membawa kelengkapan ujian seperti kartu ujian asli dan alat tulis secukupnya,” katanya.

Melalui UMB-PT ini akan diseleksi sebanyak 2.638 mahasiwa baru USU untuk program regular serta program mandiri, dengan rincian 1.393 untuk program regular dan 1.245 untuk program mandiri.

UMB-PT 2011 ini diikuti secara bersama oleh 12 perguruan tinggi negeri yaitu USU, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Universitas Malikussaleh-Lhokseumawe, Universitas Riau, Universitas Jambi.

Selain itu, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Palangka Raya, dan Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar.(an)
Sumber : (EKSPOSnews)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar