Home / Seputar Madina / Ratusan Hektar Sawah di Huraba Dilantak Banjir

Ratusan Hektar Sawah di Huraba Dilantak Banjir

 

SIABU (Mandailing Online) – Curah hujan yang masih tinggi di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) tak saja mengakibatkan longsor tebing jalan di sejumlah kecamatan, arael persawahan juga menjadi korban amukan banjir.

Di Desa Huraba Kecamatan Siabu diperkirakan ratusan hektar areal persawahan berisi tanaman padi berumur satu sampai tiga minggu terendam banjir. Ketinggian air mencapai satu hingga dua meter.

Sejumah petani mengaku banjir tersebut mengakibatkan kerugian ratusan juta rupiah di kalangan petani.

“Sudah hampir satu minggu banjir menggenangi padi, sehingga padi yang sudah ditanam tersebut tidak bisa lagi diharapkan, karena sudah mulai membusuk, sehingga sudah bisa dipastikan kita akan mengalami gagal panen pada musim tanam kali ini,” kata Mas’ud salah seorang petani di Desa Huraba, Kamis (27/11).

Mas’ud menyatakan bahwa sekarang ini para petani merasa kebingungan mengatasi banjir tersebut, petani juga sudah resah memikirkan bibit pengganti jika kelak air mengalami surut.

“Kita sebagi petani sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah menyalurkan bibit agar petani bisa secepatnya memulai musim tanam susulan manakalan air sudah surut,” katanya.

Peliput: Maradotang

Editor : Dahlan Batubara 

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar