Home / Olah Raga / RI-Malaysia, bagai air dan minyak

RI-Malaysia, bagai air dan minyak

JAKARTA, (MO) – Indonesia bakal bertemu musuh bebuyutan Malaysia dalam babak penyisihan Grup B Piala AFF 2012, Sabtu (1/12). Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla optimis timnas mampu membungkam Harimau Malaya.

“Saya memprediksi Indonesia menang. Ya, minimal seperti kemarin melawan Singapura 1-0,” kata JK saat ditemui di Kongres Dewan Masjid Indonesia (DMI), hari ini.

“Kalau bisa harus ada yang mencetak gol lebih,” lanjutnya.
Terkait penghinaan yang dilakukan suporter Malaysia terhadap Indonesia, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini mengatakan. “Kita buktikan ke Malaysia jika kita tidak serendah yang mereka ucapkan,” tegasnya.

JK juga prihatin terhadap pemukulan yang diduga dilakukan suporter Malaysia ke sejumlah penonton Indonesia pada Rabu (28/11) lalu.

”Saya sangat kecewa kenapa suporter Malaysia bisa berkata seperti itu dan melakukan pemukulan. Itu harus ditindak tegas karena sudah ke kriminal,” katanya.

Ibarat air dan minyak, sulit rasanya mendamaikan dan menyatukan supporter tim nasional Indonesia dan Malaysia.

Kedua kubu supporter tersebut bakal kembali berjumpa di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (1/12) saat Garuda bertemu Harimau Malaya di laga penentuan ke semifinal Piala AFF 2012.

Panasnya atmosfer di luar lapangan ini ternyata diketahui jelas oleh pelatih tim nasional Indonesia, Datuk K. Rajagobal. Ketika dijumpai di Hotel Palace of the Golden Horses, hari ini, dia berharap para penonton Indonesia dan Malaysia menyaksikan laga dalam kedamaian.

“Pertandingan Indonesia lawan Malaysia bakal sangat menarik untuk disaksikan para pecinta sepak bola. Saya harap masing-masing suporter tidak rusuh,” kata Rajagobal.

Kerusuhan acapkali tercipta tatkala Indonesia berjumpa Malaysia di berbagai kejuaraan. Kekonyolan supporter Harimau Malaya yang kasar diperlihatkan kembali di Stadion Nasional Bukit Jalil pada babak penyisihan Grup B Piala AFF 2012.

Dari Youtube terlihat video berdurasi satu jam 48 menit berisi penghinaan supporter Malaysia yang menyanyikan dan meneriakan “Indonesia Anjing dan Garuda Penipu”.

Tidak hanya itu, usai laga Singapura dan Indonesia terjadi juga aksi pemukulan oknum suporter Malaysia terhadap suporter Indonesia di Stadion Bukit Jalil, Malaysia.

Namun, Rajagobal menganggap aksi yang dilakukan para pendukung Harimau Malaya itu biasa saja. “Hal seperti itu sudah biasa,” ujar pelatih yang berhasil mengantarkan Malaysia menjuarai Piala AFF 2010.(republika)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar