Home / Seputar Madina / Riadi Husnan: Empat Sektor Bagi Perluasan Lapangan Kerja Baru

Riadi Husnan: Empat Sektor Bagi Perluasan Lapangan Kerja Baru

Panyabungan (MO)-Anggota DPRD Madina dari PKS, H.Riadi Husnan menilai pemerintahan Hidayat-Dahlan belum memperlihatkan secara kongkrit terobosan bagi perluasan lapangan kerja bari di Mandailing Natal (Madina).

Kepada Mandailing Online di gedung DPRD Madina, Riadi melihat setidaknya ada 4 sektor  yang memerlukan terobosan-terobosan bagi perluasan lapangan kerja baru. Terobosan-terobosan itu terkait dengan pertumbuhan ekonomi serta merangsang munculnya pelaku-pelaku ekonomi dan penguatan pelaku ekonomi yang sudah ada.

Pertama adalah mensinergiskan badan usaha daerah dengan menghidupkan kembali BUMD. BUMD ini nantinya akan mendirikan perusahaan-perusahaan daerah sesuai dengan potensi sumber daya alam Madina.

Kedua, kebijakan merangsang penguatan usaha-usaha swasta mikro dan kecil yang tersebar di Madina. Penguatan kelompok-kelompok usaha mikro dan kecil ini akan berdampak bagi kebutuhan pertambahan karyawan yang bermuara bagi perluasan lapangan kerja.

Ketiga, merangsang munculnya pelaku-pelaku ekonomi mikro, kecil dan menengah di Madina. Merangsang kemun culan pengusaha-pengusaha swasta mikro, kecil dan menengah ini akan meramaikan sektor swasta yang berdampak bagi perluasan lapangan kerja.

Keempat, merangsang pertumbuhan investasi besar dengan upaya meningkatkan minat investor luar menanamkan investasi. Potensi sumber daya alam yang dimiliki Madina sejauh ini dirasakan cukup bagus terhadap prospek investasi.

Riadi menyatakan, untuk merangsang pertumbuhan-pertumbuhan tersebut, dibutuhkan relugasi dan kebijakan-kebijakan serta political will pemerintah daerah, baik dari sisi kepastian hukum, infrastruktur, keamanan dan kenyamanan, kelancaran layanan birokrasi hingga mendorong meningkatnya kualitas tenaga kerja.

Selain itu, Hidayat-Dahlan selaku bupati dan wakil serta perangkat SKPD harus meningkatkan komunikasi dengan kalangan swasta, baik pelaku ekonomi mikro, kecil dan menengah.Serta juga organisasi swasta baik Kadinda, Hipmi, organisasi perkebunan, pertanian dan organisasi nelayan. (dab)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar