Home / Seputar Madina / Ribuan Hektar Sawah Kekeringan di Panyabungan Utara

Ribuan Hektar Sawah Kekeringan di Panyabungan Utara

PANYABUNGAN UTARA (Mandailing Online) – Ribuan hektar tanaman padi di 6 desa Kecamatan Panyabungan Utara, Mandailing Natal (Madina) kekeringan dan terancam gagal panen akibat irigasi Batang Gadis rusak berat.

Pemerintah daerah diminat segera melakukan langkah-langkah perbaikan karena kerusakan irigasi ini sangat berdampak pada kehidupan para petani serta capaian target produksi gabah di Madina.

Demikian diungkapkan anggota DPRD Madina, Iskandar Hasibuan usai melakukan peninjauan ke lokasi areal pesawahan yang terancam gagal panen tersebut, Rabu (12/2/2014).

Ke-6 desa tersebut adalah Desa Barigin Jaya, Sopo Sorik, Torbanua Raja, Kampung Baru, Suka Rame, dan Simanondong. Berhentinya aliran air dari irigasi juga diperparah musim kemaru yang saat ini melanda Madina.

Sementara itu Kepala Desa Barigin Jaya, Abbas Siregar mengatakan sejak pembangunan proyek irigasi Aek Batang Gadis pada tahun 1990 yang lalu, enam desa ini sudah selalu dilanda kekeringan.

Kehadiran irigasi itu justru menyebabkan banyak sawah yang kekurangan air. Padahal sebelum irigasi Batang Gadis ada desa-desa itu cukup mendapat air dari irigasi-irigasi tradisional.

Petani 6 desa juga sudah sering sering melakukan pembersihan di hulu badan irigasi agar aliran air mengalir ke desa mereka. Disamping itu juga pengerokan Aek Batang gadis sering di lakukan oleh pemerintah, namun tidak berpungsi ke desa, disebabkan pemerintah tidah mengatur atau membetulkan aliran sungai, melainkan hanya melakukan pengerokan kotoran irigasi Batang Gadis.

Peliput : Maradotang Pulungan
Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar