Home / Seputar Madina / Ruko Terus Bertumbuh di Panyabungan

Ruko Terus Bertumbuh di Panyabungan


Panyabungan, (MO) – Pembangunan rumah toko (Ruko) di sepanjang jalan Willem Iskandar Panyabungan, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dari tahun ke tahun terus bertambah (bertumbuh). Selain jumlah ruko yang bertambah, sewanya juga terus naik.
Bakhtar Nasution salah seorang warga Panyabungan kepada wartawan kemarin mengatakan, ruko yang dibangun oleh masyarakat pada umumnya untuk disewakan. Sebagian lagi untuk dipakai secara pribadi untuk tempat usaha sekaligus tempat tinggal.

“Kita melihat perkembangan Kota Panyabungan sebagai ibu kota kabupaten dan daerah berkembang dari tahun ke tahun cukup pesat. Hal ini dibuktikan dengan pembangunan yang terus menerus khususnya ruko di sepanjang Jalan Willem Iskandar ini,” katanya.

Dia mengatakan, peningkatan itu juga dibuktikan dari sewa ruko terus meningkat ditambah lagi harga tanah terus melambung. Untuk tahun lalu (tahun 2012) sewa ruko baru berkisar Rp 25 juta per tahun untuk tahun ini sudah mencapai Rp 40 jutaan.

“Saya sendiri yang sudah puluhan tahun tinggal di Panyabungan ini sempat terheran – heran dengan melambungnya harga ruko ataupun sewa ruko. Apakah ini membuktikan semakin membaiknya perekonomian masyarakat atau banyaknya masyarakat yang berinvestasi di bidang ini,” jelasnya.
Pengakuan senada juga disampaikan Ahmad salah seorang penyewa ruko.

Disebutkan, sewa ruko pada tahun ini meningkat tajam dari tahun kemarin. Pada tahun 2009 dia menyewa ruko berkisar Rp 20 juta, akan tetapi tiap tahun terus naik hingga mencapai Rp 40 jutaan.

“Kita memang cukup terkejut akan kenaikan yang secara spontan dari pemilik ruko. Karena jika kita perbandingkan dengan usaha sebagai pedagang kebutuhan sehari – hari tentu sangat memberatkan, akan tetapi ada juga penyewa, makanya dengan terpaksa saya harus memenuhinya,” ujarnya.

Dari bincang – bincang dengan pemilik ruko uang enggan ditulis namanya, mengatakan kenaikan sewa ruko disebabkan dari kebutuhan maupun harga bahan – bahan bangunan yang terus meningkat. “Sebetulnya kitapun segan untuk menaikkan, namun itu untuk menyesuaikan biaya yang kita keluarkan untuk bangunan ruko tersebut,” ujarnya. (MB)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar