Home / Seputar Madina / Saatnya Mobil Pemadan Disediakan di Pantai Barat

Saatnya Mobil Pemadan Disediakan di Pantai Barat

4 Unit Rumah Tak Terselematkan di Natal

NATAL (Mandailing Online) – Pemkab Mandailing Natal (Madina) didesak menempatkan mobil pemadam kebakaran di wilayah Pantai Barat.

Sebab, hingga kini satu unit pun belum ada mobil pemadam di kawasan yang memiliki 6 kecamatan itu. Dan selama ini, jika ada kebakaran, kehadiran mobil pemadam tepat waktu masih jauh dari harapan.

Sejauh ini ful mobil pemadam berada di ibukota kabupaten, Panyabungan. Menunggu mobil pemadam yang berada di kota Panyabungan adalah harapan sia-sia karena jarak Panyabungan dengan Natal saja hampir mencapai 100 kilo meter. Itu belum ke kecamatan Muara Batang Gadis atau Kecamatan Batahan yang jarak tempunya di atas 100 kilo meter.

Peristiwa kebakaran yang terjadi di Kelurahan Pasar 1 Natal, Kecamatan Natal pada Kamis tanggal (12/12/2013) lalu bukan kali pertama di Pantai Barat.

Kebakaran yang pada pukul 06:15 WIB itu menghanguskan 4 unit rumah warga. Upaya secara manual oleh warga tak mampu menolong rumah warga tersebut.

Jika kawasan Pantai Barat memiliki mobil pemadam, kemungkinan rumah warga dapat terselematkan dari rembetan api.

Berdasar informasi di lokasi, api berawal dari rumah milik Imron Pulungan, lalu merembet ke rumah warga yang ada disekitarnya, yaitu rumah milik Nazrun dan rumah milik dr.Sariful.

Rumah Imron Pulungan sebanyak dua unit kondisinya rata dengan tanah. Begitu juga rumah milik Nazrun rata dengan tanah. Sementara rumah milik dr.Sariful masih meninggalkan sisa-sisa bangunan. Total keruagian warga diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Fauzi, salah seorang penduduk setempat menyatakan andai saja mobil pemadam hadir pada saat terbakarnya rumah Imron Pulungan tersebut, sangat mungkin api bisa dijinakkan dan tak merambat ke rumah disekitarnya.

Peliput : Muhammad Ali Hanafiah
Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar