Home / Seputar Madina / Sabtu, Dana PSKS Dicairkan

Sabtu, Dana PSKS Dicairkan

SIDIMPUAN – Mulai Sabtu (11/4), sebanyak 82.359 Rumah Tangga Sasaran (RTS) untuk wilayah Tabagsel yang dimulai dari Kota Padangsidimpuan sudah bisa mencairkan dana kompensasi yang disebut Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS). Selanjutnya akan disusul oleh  kabupaten lainnya, seperti  Tapsel, Padang Lawas (Palas), Padang Lawas Utara (Paluta) dan Mandailing Natal (Madina) di Kantor Pos setempat.

“Untuk pencairan kali ini, masing-masing penerima akan mendapatkan Rp600 ribu untuk jatah Januari-Maret 2015, berbeda dengan periode November-Desember tahun lalu yang hanya sebesar Rp400 ribu,” kata Kepala Kantor Pos Besar Kota Psp Rachmady Sirait didampingi sejumlah Satgas PSKS saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/4).

Lanjutnya, adapun jumlah RTS yang akan menerima dana PSKS dalam bentuk simpanan Giro Pos itu, untuk wilayah Tabagsel mencapai 82.359 RTS dengan rincian, Padangsidimpuan jumlah RTS tercatat sebanyak 8.189 dengan dana yang diberikan berjumlah Rp4.913.400.000, untuk wilayah Tapsel dengan jumlah RTS sebanyak 19.877 dan dana PSKS nya sebesar Rp11.926.200.000.

Sambung Rachmady, begitu juga untuk wilayah Paluta dengan jumlah RTS mencapai 12.087 akan mendapat pembayaran PSKS dalam bentuk Giro Pos sebesar Rp7.252.200.000, wilayah n Palas dengan jumlah RTS 12.440 akan mendapat sebesar Rp7.464.000.000 dan untuk Madina dengan jumlah RTS 29.766 juga kebagian pencairan dana PSKS sebanyak Rp17.252.200.000.

“Dan khusus untuk Padangsidimpuan, mulai Sabtu (11/4), para pemilik Kartu Perlindungan Sosial sudah bisa mencairkannya dengan mendatangi Kantor Pos setempat sesuai dengan jadwal yang sudah diberikan kepada masing-masing kecamatan, ataupun kelurahan dan desa yang ada,” ujarnya.

“Begitu juga untuk daerah lainnya, seperti Tapsel akan kita mulai pada 15 April dan berlanjut ke daerah Palas, Paluta dan Madina yang juga akan dimulai pada 18 April nanti,” sambungnya.

Untuk pelayanannya, Rachmady menjelaskan, akan dibuka mulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. “Dan untuk melayani masyarakat yang ingin mencairkan dana PSKS, kami akan siap melayaninya mulai pukul sembilan pagi sampai dengan pukul lima sore sesuai dengan jadwal yang sudah diberikan. Dan, begitu juga dengan hari Minggu, kami tetap buka khusus untuk menyalurkan dana tersebut nantinya,” tukas Rachmady.

Untuk prosedurnya, ia juga menerangkan, agar dapat melakukan penguangan simpanan Giropos di Kantor Pos nantinya, RTS datang ke Kantor Pos bayar dengan membawa dan menunjukkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan kartu identitas diri asli ke petugas pencocokan yang ada di Kantor Pos.

“Jadi kami hanya melayani setiap warga yang datang dengan membawa dan menunjukkan KPS yang ada sesuai dengan data diri baik itu KTP, SIM ataupun identitas diri lainya,” tukasnya.

Untuk mengendalikan agar pencairan PSKS ini berjalan aman dan lancar, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait lainnya di antaranya Dinas Sosial, Camat dan Lurah, Koramil serta pihak kepolisian. “Dan kami harap, pencairan ini nantinya akan berjalan dengan tertib dan aman, begitu juga untuk pengamanannya kami akan melibatkan pihak-pihak terkait seperti TNI, polisi dan pemerintahan setempat,” tutupnya. (yza)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar