Home / Seputar Madina / Sarlinkson Produksi Pupuk Organik GUANO

Sarlinkson Produksi Pupuk Organik GUANO

 

BATANG NATAL  (Mandailing Online)  –  Kabupaten Mandailing Natal (Madina) untuk pertama kalinya memproduksi pupuk organik berstandar nasional. Pupuk bermerek dagang GUANO  yang CV. SARLINKSON itu berbasis di Desa Bangkelang Kecamatan Batang Natal.

Dalam seminggu, CV. Sarlinkson yang berdiri sejak 2013 itu memproduksi antara 15 hingga 20 ton. Ada tiga jenis pupuk organik yang diproduksi, yani Super Fosfat Plus, Guano dan Kisstreet.

Pasaran pupu GUANO ini telah merambah pasar Riau, Pasaman, Ranto Prapat, Kabanjahe dan Mandailing Natal sendiri.

“Bahan bakunya berasal dari kotoran kelelawar di goa yang terletak di kawasan Guo Batu, Desa Bangkelang,” kata pemilik perusahaan, H. Syaripul Lubis, SE alias Sarling kepada Mandailing Online, Rabu (22/4).

 “Pupuk organik GUANO merupakan kotoran kelelawar yang mengandung senyawa-senyawa organik seperti nitrogen, fosfor, potassium yang merupakan bahan utama penyusun pupuk,” imbuhnya.

Unsur nitrogen berfungsi sebagai pertumbuhan tanaman yang cepat, unsur fospor berfungsi merangsang pertumbuhan akar yang cepat serta pembungaan. Sedangkan kallium berfungsi mendukung kekuatan batang tanaman. Pupuk Guano juga mengandung senyawa-senyawa organik lainnya seperti kallium dan magnesium.

Berdasarkan hasil pusat penelitian kelapa sawit Medan dengan metode uji SNI 2803.2010, spesifikasi Super Phospat Plus yang diprodukisi CV. SARLINKSON ini  mengandung Nitrogen (N) 9,67%, MgO 18,35%, Fospor (P2O5 ) 20,58 %, Potasium (K2O) 7,31%.

“Dan tidak terlepas kemungkinan, kita menawarkan jumlah kadar unsur yang ada ditambah atau dikurangi sesuai dengan pesanan konsumen,” ujar Sarling.

”Ini kan seperti kita masak gulai juga, kalau pingin pedas tambah cabe, kalau takut keasinan kurangi garam, singkatnya sesuai pesanan konsumenlah,” imbuhnya.

Dikatakanya, pupuk Sufer Posfat Plus sangat cocok digunakan  untuk tanaman keras dan holtikultura. Sedangkan pupuk Guano digunakan khusus untuk tanaman holtikultura, bawang, kentang, padi dan lainnya. Sedangkan pupuk Kisstreet khusus untuk tanaman  sawit.

Peliput: Holik Nasution
Editor  : Dahlan Batubara

 

 

Comments

Komentar Anda

One comment

  1. Kpada perusahaan H.Saripul Sarling Lubis pemilik CV Sarlinkson, saya bernama gideon nainggolan saya seorang mahasiswa universitas riau, fakuktas pertanian. Ingin memesan kepada bapak pupuk guano dengan berat 150 kg.

Silahkan Anda Beri Komentar