Home / Seputar Madina / Setahun Pengganti Jakfar Sukhairi Tak Ada, PKB Kebiri Hak Politik Rakyat

Setahun Pengganti Jakfar Sukhairi Tak Ada, PKB Kebiri Hak Politik Rakyat

Syarifuddin Lintang

Syarifuddin Lintang

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Nyaris setahun sudah PKB tak bergeming menetapkan pengganti Jakfar Sukhairi Nasution di DPRD Madina. Sikap PKB itu dinilai mengkebiri hak politik konstituen PKB.

Akibatnya, dari lima orang kader PKB di DPRD, kini hanya 4 orang yang duduk setelah Jakfar Sukhairi Nasution mundur dari DPRD karena mencalonkan diri sebagai wakil bupati Madina pada pilkada tahun 2015 lalu.

“Selama PKB belum mau menetapkan pengganti bang Sukhairi, selama itu pula hak rakyat terabaikan, terutama rakyat di Dapil Madina 1,” kata Ketua DPC Relawan Perjuangan Demokrasi Kabupaten Madina, Syarifuddin Lintang menjawab wartawan, Jum’at (2/1).

Dikatakannya, kekosongan yang berlarut itu juga telah menciderai demokrasi, hak demokrasi rakyat. Rakyat telah merugi selama setahun ini. Semangat berdemokrasi dan berperwakilan yang diamanahkan melalui Pemilu telah terkebiri.

Menurutnya, rakyat telah menyalurkan hak politiknya kepada kader PKB di Dapil Madina 1 pada Pemilu lalu. Dan mereka pun memiliki hak untuk diwakili di parlemen.

Jika PKB terus menerus ngotot tak mau menetapkan calon pengganti Sukhairi, maka PKB telah merugikan hak politik konstituennya.

Kursi PKB di DPRD Madina dari Dapil Madina 1 tersebut adalah milik rakyat yang telah menyalurkan hak politiknya di TPS pada Pemilu lalu, sedangkan PKB hanya berposisi sebagai perahu administratif saja, sehingga PKB tidak ada alasan untuk terus menahan-nahan penetapan pengganti Jakfar Sukhairi.

Lintang menyebutkan, seyogiyanya Partai Kebangkitan Bangsa lebih mementingkan hak politik konstituennya daripada mengedepankan ego intren. Sebab, berlarutnya kekosongan wakil rakyat di DPRD itu akan merugikan Dapil Madina 1 di satu sisi, dan merugikan nama baik PKB di sisi lain.

Peliput  : Dahlan Batubara

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar