Home / Seputar Madina / Sewa Ruko Dinilai Mahal di Panyabungan

Sewa Ruko Dinilai Mahal di Panyabungan

Pembangunan ruko di payabungan 040213PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Meski nilai sewa rumah took (ruko) di Kota Panyabungan, Mandailing Natal (Madina) dinilai mahal, namun perkembangan bangunan ruko di kota ini terus menggeliat. Pembangunan ruko disepanjang jalan Willem Iskandar terus bertambah.

Ruko yang dibangun warga pada umumnya untuk disewakan. Namun banyak dipakai secara pribadi untuk tempat usaha sekaligus tempat tinggal.

“Kita melihat perkembangan kota Panyabungan sebagai ibu kota kabupaten berkembang dari tahun ketahun cukup pesat. Hal ini dibuktikan dengan pembangunan yang terus menerus khususnya ruko disepanjang Jalan Willem Iskandar ini,” kata warga Panyabungan Baktar Nasutiaon, Senin (4/2).

Hanya saja, menurutnya nilai sewa ruko di kota ini tergolong mahal yang dikahwatirkan memperlambat tingkat pertumbuhan property di kota kipang ini. Bulan lalu saja sewa ruko baru berkisar 25 juta rupiah hingga 40 jutaan per tahun.

“Saya sendiri yang sudah puluhan tahun tinggal di Panyabungan ini sempat terheran – heran dengan melambungnya harga ruko ataupun sewa ruko, apakah ini membuktikan semakin membaiknya perekonomian masyarakat atau banyaknya masyarakat yang berinvestasi bidang ini, saya belum begitu jelas” jelasnya.

Ahmad, seorang pengusaha yang menyewa ruko, mengakui bahwa harga sewa ruko terus naik. Pada tahun 2009 lalu dia menyewa senilai 20 juta rupiah per tahun. Akan tetapi tahun ini sudah mencapai 40 juta.

Dia melihat, mahalnya sewa ruko tidak terlepas dari posisi harga tanah yang sangat tinggi di kota Panyabungan. Harga tanah yang mahal ini berpengaruh pada harga atau sewa ruko. (mar)

Comments

Komentar Anda

One comment

  1. memang panyabungan sewa kios nya sangat mahal sangat memberatkan bwt warga yang ingin menyewa

Silahkan Anda Beri Komentar