Home / Seputar Tapsel / Sidimpuan Siap Jadi Ibukota Provinsi Sumatera Tenggara

Sidimpuan Siap Jadi Ibukota Provinsi Sumatera Tenggara


Tapsel,

Sarana prasarana yang telah ada di Kota Padang Sidimpuan saat ini sangat cukup memfasilitasi Sidimpuan sebagai Ibukota Provinsi Sumatera Tenggara yang saat ini tengah digagas sejumlah tokoh dan para kepala daerah di wilayah pemekaran Kabupaten Tapanuli Selatan .

Walikota Padang Sidimpuan Zulkarnaen Nasution kepada wartawan ditemui usai pertemuan di kantor Bupati Tapsel, Selasa (22/03/2011) mengatakan siap menjadikan Sidimpuan sebagai Ibukota Provinsi Sumatera Tenggara jika nantinya terwujud.

Menjawab wartawan, ia mengatakan andai terwujud, Kantor Bupati Tapsel saat ini bisa menjadi Kantor Gubernur dan Kantor DPRD Tapsel saat ini menjadi Kantor DPRD Provinsi karena Ibukota Tapsel harus pindah sesuai Undang Undang Nomor 37 dan 38 Tahun 2007.

Selain sarana prasarana, Pemerintah Kabupaten/Kota yang menjadi wilayah bakal calon Provinsi Sumatera Utara juga diharuskan menyatakan kesanggupan dana menalangi dana untuk membiayai pemerintahan propinsi jika terbentuk selama 2 tahun dan biaya pelaksanaan pemilihan kepala daerah provinsi.

“Pada prinsipnya Pemko Padang Sidimpuan menyanggupi persyaratan itu, namun hal itu harus memperoleh dukungan dan persetujuan DPRD dan ditampung dalam Perubahan APBD Kota Padang Sidimpuan Tahun Anggaran 2011,” ujar Zulkarnaen.

Pertemuan membahas pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara tersebut digelar di Aula Beringin Kantor Bupati Tapsel juga dihadiri Bupati Padang Lawas Utara Bachrum Harahap, Bupati Padanglawas Basyrah Lubis dan Bupati Mandailing Natal Aspan Batubara serta pimpinan DPRD Kabupaten/Kota mencakup wilayah calon Provinsi Sumatera Tenggara. (BS-029)
Sumber : Beritasumut

Comments

Komentar Anda