Home / Berita Sumut / Sinabung Diwacanakan Naik Status Menjadi Awas

Sinabung Diwacanakan Naik Status Menjadi Awas

KARO – Status Gunung api Sinabung diwacanakan naik menjadi awas. Jika kebijakan ini akhirnya diambil, Tim Tanggap Darurat telah bersiap diri.
Namun sejauh ini pihak berwenang belum menerima rekomendasi tertulis menyangkut status Sinabung.

“Sampai saat ini kita masih bekerja pada level Siaga, untuk yang lebih tinggi belum, kita masih menunggu rekomendasi PVMBG,” ujar Koordinator Medai Centre Tim Tanggap Darurat, Jhonson Tarigan, Rabu (20/11).

Wacana bakal ditingkatkannya status gunung api Sinabung keluar setelah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengungkapkan, setelah dilakukan evaluasi terkait aktifitas gunung Sinabung, untuk berikutnya akan menempatkan status Awas ( level IV).

Apalagi dari catatan yang ada dari awal September sampai 20 November 2013, gunung ini telah 75 kali mengalami eropsi dengan 10 kali diantaranya mengeluarkan awan panas 10 kali. Hal ini berbeda jauh dengan tahun 2010, dimana untuk pertama kalinya Sinabung meletus hanya tiga kali tercatat mengalami erupsi.

Selain itu menurut Kepala Pelaksanan Sementara Dr Ir Gede Suantika M, Rabu (20/11), di kantor PVMBG Desa Ndokum Siroga, Gang Kayu Bakar, Kecamatan Simpang Empat, wacana ini juga mengacu kepada berubahnya type letusan gunung Sinabung yang sebelumnya freatik menjadi freato magmatik.

Kemudian, pada perkembangannya, erupsi gunung ini juga sudah menunjukan ciri-ciri menyerupai gunung api di luar pulau Sumatera seperti keluarnya awan panas dengan kecepatan rata-rata 350 KM per jam dan jarak terjauh 1,5 KM serta tumpahan lahar. (jpnn)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar