Home / Siti Hamijah Meninggalkan Lagu Legendaris

Siti Hamijah Meninggalkan Lagu Legendaris

mijah 280413aPANYABUNGAN (Mandailing Online) – Banyak yang kehilangan ketika mendengar berita wafatnya Siti Hamijah Nasution, pelantun lagu Mandailing “Na Rere”, Minggu (28/4/2013).

Lagu “Na Rere” telah begitu melekat di sanubari dan menjadi lagu yang akan sulit terlupakan bersama daftar lagu-lagu Mandailing yang melegenda lainnya.

“Saya melihatnya karena lagu itu, lagu yang awalnya tidak diniatkan menjadi begitu penting, lalu menjadi legenda. Lihat saja, dalam prosesi pesta pernikahan adat Mandailing, pasti lagu itu menjadi “mars” terutama ketika pengantin wanita akan meninggalkan rumah orang tuanya,” kata sutradara film Mandailing, Askolani Nasution, Minggu (28/4/2013) di Panyabungan.

Menurutnya, almarhumah Siti Hamijah akan menjadi legenda selamanya, jauh melampaui legendaris Mariati, karena lagu itu. “Tentu karena tidak ada tradisi musik Mandailing yang diturunkan selain instrumentalia berbagai ornament” lanjut Askolani.

Karena itu, Na rere mengambil tempat di hati pencinta lagu Mandailing dan semua menerimanya.

“Sebuah nama mungkin tidak penting, tapi sebuah karya akan membuat nama menjadi penting. Dan Mijah akan manjadi domain legenda itu selamanya,” pungkas Askolani. (dab)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar