Home / Seputar Madina / SMA Negeri 1 Natal Sukses Gelar Bulan Bahasa

SMA Negeri 1 Natal Sukses Gelar Bulan Bahasa

Pelajar SMA Negeri 1 Natal juga memperagakan berbagai kemahiran di Bulan Bahasa tahun ini

Pelajar SMA Negeri 1 Natal juga memperagakan berbagai penguasaan di Bulan Bahasa tahun ini

Natal (Mandailing Online) – Rangkaian acara digelar dalam kegiatan Bulan Bahasa SMA Negeri 1 Natal, Mandailing Natal selama tiga hari, tanggal 27 – 29 Oktober 2016.

Kegiatan yang bertema “Dengan Bahasa Kami Berkarya” itu dibuka pada hari Kamis (27/10) lalu oleh Kepala SMA Negeri 1 Natal, Drs, Oloan Nasution. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kegiatan ini selain bertujuan untuk memperingati Bulan Bahasa, juga untuk memberi ruang bagi siswa-siswa SMA Negeri 1 Natal untuk mengembangkan kreativitasnya.

“Sekolah akan selalu berusaha mengembangkan anak-anak berbakat dalam bidang apupun sesuai dengan potensinya. Dengan begitu, sekolah ini bukan hanya mengejar angka kelulusan saja, tetapi juga memastikan bahwa setiap anak diberi ruang untuk mengembangkan potensinya,” katanya.

Acara yang disponsori OSIS SMA Negeri 1 Natal ini juga menggandeng IM3 “Oreedoo” sebagai sponsor dan Tympanum Novem Multimedia. Serangkaian acara disiapkan sejak hari pertama. Mulai dari Pelatihan Menulis Cerpen, Menulis Puisi, Menulis Artikel dan Opini, Menulis Feature, Teknik Fotograpi, Menulis Berita, dan Membaca Puisi. Pelatihan yang dikelompokkan atas Pelatihan Sastra dan Pelatihan Jurnalistik itu, sepenuhnya diisi oleh tim dari Tympanum Novem Multimedia.

Ratusan siswa antusias melibatkan diri dalam pelatihan-pelatihan itu. Askolani Nasution menyampaikan materi tentang Kiat Menulis Artikel, Menulis Opini, dan Menulis Cerpen. Ali Fikri Pulungan membawa materi Kiat Menulis Berita dan Menulis Puisi. Ahmad Syukri Lubis membawa materi Kiat Membaca Puisi, dan Erwin Parsaulian membawa materi Kita Foto Jurnalistik.

Selain itu, Tympanum Novem Multimedia juga memberi Pelatihan Multimedia Pembelajaran bagi seluruh guru SMA Negeri 1 Natal. Pelatihan itu dilaksanakan pada hari Jumat (28/10) dengan pemateri Drs. Askolani untuk topik “Penataan Kontent dan Layout Media Pembelajaran”, Ahmad Syukri Lubis untuk meteri “Rekayasa Perangkat Lunak dan Action Script Media Pembelajaran”, dan Ali Fikri dengan materi “Desain Tampilan Media Pembelajaran”.

Pelibatan tim Tympanum Novem dalam kegiatan Bulan Bahasa dimaksud, bukan tanpa alasan. Terutama karena mereka memang memiliki kecakapan di bidang masing-masing. Askolani Nasution misalnya, selain berkali-kali menjuarai Lomba Penulisan Cerpen tingkat nasional, penulis buku pelajaran, dan puluhan tahun menjadi redaktur media massa. Ia misalnya dua tahun menjadi redaktur koran kampus “Ganto” di Padang sambil menjadi editor sebuah penerbitan, juga sempat delapan tahun menjadi Pemred Buletin “Gema Pendidikan” Mandailing Natal.  Karya-karyanya dimuat dalam empat buku yang diterbitkan Kementerian Pendidikan Nasional sejak tahun 2004 yang lalu.

Ahmad Syukri Lubis juga memiliki pengalaman di bidang teknologi Komputer. Selain pernah meraih medali emas dan medali perunggu Lomba Multimedia Pembelajaran Tingkat Nasional bersama Askolani Nasution, juga sempat menjadi anggota Tim Fasilitator Pengembangan Media Pembelajaran di Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2007 lalu. Ia juga berkali-kali memenangkan lomba media pembelajaran berbasis Android tingkat nasional. Dan bersama Askolani Nasution, mereka juga sempat sebagai pemateri dalam Seminar Multimedia Pembelajaran yang dilaksanakan tahun 2009 lalu di Bukit Tinggi.

Ali Fikri Pulungan, selain menulis buku Muatan Lokal untuk SD tahun 2012 dan 2014 yang lalu, juga pernah meraih Juara II Lomba Menulis Cerpen Tingkat Nasional. Ia juga tercatat sebagai penulis buku “25 Naskah Terbaik LMCP” yang diterbitkan Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2007 lalu. Selain itu, ia juga sempat menjadi finalis pengisi konten media pembelajaran berbasis Android yang dilaksanakan Kemendikbud tahun 2015 lalu di Semarang.

Erwin Parsaulian juga diakui keterampilannya dalam teknik fotografi. Ia misalnya, berkali-kali menjuarai lomba foto. Saat ini, ia juga bekerja sebagai redaktur foto di sebuah penerbitan daerah.

Karena itu, para peserta kegiatan Bulan Bahasa SMA Negeri 1 Natal merasa bangga memperoleh kiat-kiat menulis dan membuat media pembelajaran dari orang-orang yang berpengalaman dimaksud. “Senang rasanya bisa dapat teknik menulis dari orang-orang tympanum,” cetus Patimah, salah seorang peserta lomba.

Hal senada juga diakui Salwanuri Harahap, salah seorang guru di SMA Negeri 1 Natal yang mengikuti pelatihan Multimedia Pembelajaran. “Ternyata membuat media itu tidak sulit, kalau dapat kiatnya,” cetus beliau.

Demikian juga disampaikan Drs. Oloan Nasution, kepala SMA Negeri 1 Natal. Selama para guru tetap mau memacu kreativitasnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, saya akan memenuhi apapun yang mereka inginkan, katanya. “Target saya, sekolah ini harus menjadi sekolah terbaik di Mandailing Natal,” cetusnya yakin.

Editor  : Dahlan Batubara

 

 

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar