Home / Seputar Tapsel / SMAN 2 Plus Sipirok Mulai Penerimaan

SMAN 2 Plus Sipirok Mulai Penerimaan


SIPIROK-
Sebagai salahsatu langkah pada penerimaan siswa baru, siswa kelas X dan XI SMAN 2 Plus Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar sosialisasi Penerimaan Siswa Baru (PSB) ke beberapa SLTP di kampung halaman masing-masing. Kegiatan tersebut merupakan program Yayasan Pendidikan Marsipature Hutana Be (YPMHB) yang setiap tahunnya digelar.
Tujuan kegiatan ini merupakan upaya memberikan pemahaman dan tata cara menjadi calon siswa di sekolah mereka, sekaligus memberikan peluang berinteraksi di luar sekolah bagi siswa kelas X dan XI dalam mengisi waktu libur UN.
Pantauan METRO sejak Senin (18/40) dan Selasa (19/4), beberapa siswa SMAN2 Plus Sipirok dengan pakaian Dinas Harian YPMHB menggelar sosialisasi tentang tata cara PSB, dan hal-hal yang menjadi persyaratan menjadi calon siswa di sekolah mereka dengan mengunjungi sekolah sekolah setingkat SLTP, seperti SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3 SMPN 4 SMPN 5 dan SMPN 6 Sipirok, serta SMPN 1 dan SMPN 2 Arse.
Beberapa KepalaSMP di Sipirok dan Arse mengatakan, kunjungan siswa SMAN Plus Sipirok sangat membantu anak didik mereka. “Dengan adanya sosialisasi yang digelar tentu memberikan pemahaman bagi calon siiswa yang berminat mendaftar ke sana. Di samping itu, kehadiran mereka juga tentu menambah motivasi bagi adik-adik mereka,” ujar Kepala SMPN 1 Sipirok, Bakir Harahap dan Kepala SMPN 1 Arse, Ali Mijan.
Sementara Kepala SMAN 2 Plus Sipirok, Drs Marwan Harahap mengatakan, sosialisasi PSB tersebut merupakan program rutin YPMHB setiap tahun dengan tujuan memberikan penyuluhan agar calon siswa yang berminat lebih memahami tata cara dan persyararatan untuk mendaftar ke sekolah tersebut.
Lebih lanjut Kepala SMAN 2 Plus Sipirok menyampaikan, SMAN 2 Plus Sipirok membuka pendaftaran siswa baru TA 22011/2012 5 Maret sampai 21 Mei 2011. Surat Edaran (SE) penerimaan calon siswa baru tersebut sudah diedarkan sejak Rabu (6/4) ke berbagai sekolah setingkat SLTP agar mendaftarkan siswa peringkat 1 hingga 10 di sekolahnya untuk selanjutnya diseleksi menjadi siswa di SMAN 2 Plus Sipirok.
Bagi calon siswa yang berminat mengikuti seleksi, mengisi formulir pendaftaran dan dimasukkan ke dalam rangkap 1 (map merah untuk laki laki dan map kuning untuk permpuan). Selanjutnya dikirim atau diantar langsung ke panitia penerimaan siswa baru di SMAN 2 Plus Sipirok, juga melampirkan foto copy rapor di kelas II sampai IX yang telah disahkan oleh kepala sekolah rangkap 1 dengan fasfoto 3×4 2 lembar dan 2×3 2 lembar.
Sesuai reencana, jadwal kegiatan Penerimaan Siswa Baru (PSB), penyerahan nomor ujian 29 Mei, tes akademis 30 Mei, psikotes 31 Mei, tes kesehatan dan kesemaptaan 1 sampai 2 Juni, wawancara 3 Juni dan pengumuman hasil tes 20 Juni. Sedangkan beberapa ketentuan yang harus dipenuhi peserta yakni pakaian seragam SMP, pakaian olahraga SMP sepatu warna hitam, membayar uang makan selama pelaksanaan tes sebesar Rp150 ribu dan membawa pakaian sehari-hari. “Dan daya tampung yang kita butuhkan adalah 130 siswa baru,” ujarnya mengakhiri. (ran/ara)
Sumber : Metrotabagsel

Comments

Komentar Anda