Home / Seputar Madina / SMAN Plus Madina diklat P4GN

SMAN Plus Madina diklat P4GN

PANYABUNGAN – SMA Negri Plus Mandailing Natal laksanakan diklat pendidikan tingkat SMA,SMK, MA tentang Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) ditengah-tengah pelajar dan masyarakat di daerah itu selama tiga hari di Hotel Madina Sejahtera Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan.

Hal tersebut dikatakan kepala sekolah SMA Negri Plus Madina, Zulkarnain Lubis, malam ini.

Pelaksanaan diklat itu dikatakan Zulkarnain bekerjasama dengan PIMANSU (Pusat Informasi Masyarakat Anti Narkoba Sumatra Utara) dan GAN Sumut (Gerakan Anti Narkoba) dan Dinas Pendidikan Madina, dengan menghadirkan nara sumber dari Medan .

Sementara peserta diklat diundang dari seluruh SMA,SMK dan MA yang ada di Mandailing Natal bertujuan tentang bagaimana bahayanya nerkoba.

“Kita mengundang utusan per sekolah 4 orang siswa/wi. Melalui utusan inilah kita harapkan untuk menginformasikannya kepada rekan-rekannya maupun maupun masyarakat,” tuturnya.

Ia menjelaskannya, kesehatan merupakan investasi berharga suatu Negara. Jika warganya sehat tentu produktivitas juga akan meksimal demikian sebaliknya.

Kesehatan juga merupakan tolak ukur kemajuan suatu Negara, salah satu kesehatan yang paling penting adalah tidak menyalahgunakan narkoba.

Menurutnya, penyalahgunaan narkoba dilkalangan usia sekolah mencapai angka 73,4 %, ini menunjukan perlunya mempromosikan kesehatan dikalangan para pelajar.

“Selama ini kegiatan kempanye kesehatan tidak menyalahgunakan narkoba di sekolah sudah sering dilaksanakan, tetapi posisi siswa/wi hanya cendrung sebagai peserta bukan sebagai pelaku aktif,” tuturnya.

Padahal kampanye kesehatan untuk siswa oleh siswa sangat perlu dilakukan. “Karena biasanya informasi dari siswa untuk siswa lebih cepat mencapai sasaran, maka kita berharap dengan kegiatan bisa langsung menyerap kepada siswa” jelasnya.

Salah seorang siswa sekolah SMA Plus Madina Adek nasution mengungkapkan sangat berterima kasih kepada panitia PIMANSU dan GAN Sumatera Utara yang telah melaksanakan Diklat tentang bahaya narkoba bagi kalangan pelajar yang ada di Madina.

“Diklat ini merupakan pengalaman yang cukup berharga bagi kami,disini kami jadi tahu bagaimana bahayanya Narkoba yang bisa menghancurkan masa depan kita,dan mudah-mudahan apa yang telah diharapkan oleh para pembicara bahwa kita bias melakukan sosialisasi baik dilingkungan sekolah maupun ditengah – tengah masyarakat bias kita laksanakan,” kata Adek.
sumber :waspada

Comments

Komentar Anda