Home / Seputar Madina / SMK Namira Husada Kembangkan Tortor Mandailing

SMK Namira Husada Kembangkan Tortor Mandailing

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Didorong keinginan berpartisipasi mengembangkan kesenian Mandailing, SMK Kesehatan Namira Husada Madina menseriusi kesenian tarian tortor.

SMK yang berlokasi di Gunungtua, Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) ini aktif menggiatkan tor-tor terhadap pelajarnya. Bahkan, mereka juga sudah sering diundang memeriahkan berbagai kegiatan seremoni di Madina.

“Mereka turut meriahkan tamu dari manca negara saat dijamu oleh Pemkab Madina dan bertemu dengan wakil bupati Madina,” ujar salah seorang pelatih tor-tor di SMK Kesehatan Namira Madina, Marwin dikutip surat kabar Metro Tabagsel.

Disampaikan, tor-tor ini merupakan kegiatan ekstra kurikuler di sekolah itu disamping kegiatan olah raga, dan semua siswa aktif mengikuti kegiatan budaya lainnya.

“Memang kita rutin mengadakan latihan tor-tor dan seni budaya lainnya, karena para siswa juga makin mencintai budaya sama dengan mencintai bangsa,” ucapnya.

Untuk festival tor-tor, para siswa SMK Kesehatan Namira Madina dikatakan Marwin sudah siap berkompetisi. Namun, bukan prestasi lomba saja yang mereka harapkan, tetapi tarian tor-tor dan budaya itu pada dasarnya untuk mengajak masyarakat luas bagaimana agar mencintai budaya daerah dan tetap berusaha melestarikannya.

Kepala SMK Kesehatan Namira Madina Panyabungan, Syakbannur S.Pd kepada wartawan mengaku cukup puas melihat bakat dan kemampuan yang ditunjukkan oleh para siswanya.

“Kita cukup puas jika anak-anak didik kita selain bisa berprestasi di bidang studynya, tetapi bisa juga aktif mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Itu merupakan suatu upaya menunjukkan jati diri sesungguhnya kepada khalayak ramai.

Mari kita dukung bakat anak-anak kita lebih kreatif dan produktif. Dan kami di SMK Kesehatan Namira Madina berprinsip seperti itu, agar nantinya para siswa bisa berkompetisi dan lebih berpengalaman di berbagai bidang,” kata Syakban. (wan/metro tabagsel)

Comments

Komentar Anda

One comment

Silahkan Anda Beri Komentar