Home / Seputar Madina / Sorikmas Mining : Agar Ada Manfaat Ekonomi di Huta Godang Muda

Sorikmas Mining : Agar Ada Manfaat Ekonomi di Huta Godang Muda

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Pihak manajemen PT. Sorikmas Mining (PT.SM) menyatakan bahwa pilihan Desa Huta Godang Muda sebadai titik pengangkutan logistik lebih pada upaya perusahaan memberikan lapangan kerja kepada penduduk setempat.

Government and Media Relations Assitant Superintendent PT.SM, Lia Palupi Nasution, Kamis (17/10/2013) menyatakan adanya protes kaum ibu tentang penolakan desa itu sebagai titik lokasi pengangkutan logistik, justru sangat mengejutkan, dan ini membutuhkan pendekatan komprehensif lagi.

“ PT.SM sebetulnya sudah bekerjasama dengan perwakikan masyarakat SPSI Desa Hutagodang Muda. Tapi mungkin masih ada yang belum terakomodir. Kami sekarang sudah melakukan pendekatan kembali dengan beberapa tokoh di sana,” katanya.

Pilihan Huta Godang Muda sebagai titik kegiatan pengangkutan logistik sengaja perusahaan lakukan agar bisa sedikit memberikan nilai manfaat ekonomi kepada masyarakat.

Sebagai bagian dari upaya ini, PT.SM telah memberikan pekerjaan kepada pengangkut barang yang jumlhanya mencapai sekitar 25 orang di desa itu.

Perjanjian dengan SPSI Desa Hutagodong Muda adalah bahwa SPSI menggunakan kendaraan mereka untuk mengangkut logistik melalui desa dengan mobil pick-up kecil L300.

“Biasanya 2 kali bolak-balik per hari dilakukan 2 hingga 3 kali seminggu. PT.SM sangat terkejut mendengar keluhan para ibu-ibu ini dan mengajak masyarakat untuk mendiskusikan bagaimana masalah ini dapat diatasi,” katanya.

PT.SM sendiri menyatakan sangat serius menyertakan masyarakat, sehingga helikopter yang selama ini sebagai alat pengangkut sudah tidak dipakai lagi. PTSM menghentikan kegiatan helikopter dalam rangka memberikan peluang kerja bagi masyarakat. Termasuk masyarakat Desa Hutagodang Muda.

Lia menjelaskan, barang yang diangkut dengan porter (manusia) hanya berupa makanan dan minuman untuk karyawan dan kontraktor yang berada di Sihayo dan Sambung. PT.SM tidak melakukan kegiatan eksplorasi apalagi penambangan, baik di Sihayo maupun di Sambung karena saat ini PT.SM sedang berkonsentrasi pada kegiatan studi kelayakan.

Peliput/Editor: Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

5 comments

Silahkan Anda Beri Komentar