Home / Seputar Madina / Sosialisasi JKN dan BPJS-Kes di Madina

Sosialisasi JKN dan BPJS-Kes di Madina

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Pemkab Mandailing Natal (Madina) bersama PT.Askes Cabang Padangsidimpuan melaksanakan sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS-Kes) di Panyabungan, Senin (4/11/2013).

Plt Bupati Madina, Dahlan Hasan Nasution mengungkapkan paska terbitnya Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan BPJS, saat ini pemerintah sedang melakukan persiapan untuk pelaksnaanya.

SJSN bidang kesehatan adalah mewujudkan jaminan kesehatan semesta atau universal healt coverage, dan direncanakan pelaksanaan akan dimulai pada tahun 2014. Kemudian secara bertahap ditingkatkan cakupan kepesertaan hingga mencapai jeminan kesehatan semesta pada tahun 2019.

“Langkah ini mencakup penyiapan regulasi dan pemenuhan kebutuhan sarana dan perasarana, sumber daya, kelak jika sudah tewujud pada tahun 2019, insyaAllah seluruh penduduk Indonesia mempunyai jaminan kesehatan, yang berarti dapat memperoleh pelayanan kesehatan komprehensif, bermutu tanpa kendala pembiyaan,” katanya.

Dijelaskannya, pelayanan kesehatan dalam hal ini bukan hanya pengobatan gratis, tetapi juga mencakup aspek promotif dan preventif.

Peliput : Maradotang Pulungan
Editor : Dahlan Batubata

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar