Home / Seputar Madina / Syamsul jangan angkat Sekda!

Syamsul jangan angkat Sekda!


MEDAN – Pasca pensiunnya RE. Nainggolan dari jabatannya sebagai Sekretaris Daeraha (Sekda) Sumut, beberapa nama muncul menjadi kandidat penggantinya.

Wacana pengangkatan Sekda definitif pun meruak. Namun ada beberapa kalangan yang menilai agar hal ini jangan terburu-buru dilakukan karena status hukum yang dipanggul Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Syamsul Arifin.

“Jika dipaksakan penetapan Setdapropsu bisa `bumerang` di kemudian hari. Saat ini kondisinya belum tepat, mengingat Gubsu masih ditahanan akan tidak etis jika menjadi penentu dalam mengusulkan nama-nama Sekda pengganti RE Nainggolan.” Demikian disampaikan oleh analis politik Universitas Sumatera Utara (USU), Ahmad Taufan Damanik kepada Waspada Online hari ini.

Taufan menyebutkan ada beberapa pertimbangan penilaiannya tersebut. Diantaranya, Gubsu dinonaktifkan atau diberhentikan jika terbukti dalam kasus dugaan korupsi ketika menjabat Bupati Langkat.

Jika ini terjadi, katanya, maka ada kemungkinan Setdapropsu yang ditetapkan bukanlah orang yang tepat untuk mendampingi Wakil Gubsu, Gatot Pudjonugoroho, sehingga bisa menimbulkan disharmonisasi kepemimpinan Pempropsu.

“Penetapan Sekda definitif adalah usulan kepala daerah. Nah jika dilakukan di saat seperti ini, saya meragukan ada koordinasi dengan Wagubsu. Perlu dicatat, jika Gubsu terbukti, maka Gatot akan menjadi kepala daerah dibantu Sekdapropsu. Kalau penetapannya tanpa pertimbangan wagubsu itu bagaimana?” tanya Taufan.

Lebih jauh, Taufan menyebutkan, jika Sekdapropsu yang ditetapkan tidak cocok dengan Wagubsu, maka akan terjadi misscommunication dan bisa berdampak pada stagnansi pemerintahan di propinsi terbesar ketiga di Indonesia ini.

Informasi Waspada Online meyebutkan Badan Kepegawaian Daerah(BKD) Sumut beberapa waktu lalu, telah menyerahkan nama-nama yang layak, hal ini sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Dan saat ini nama-nama yang akan pantas untuk menduduki kursi nomor tiga di Kantor Gubenur tersebut masih dalam pertimbangan Syamsul Arifin untuk diusulkan ke Menteri Dalam Negeri.

Seperti yang diberitakan sebelumnya nama-nama calon Sekda yang kabarnya pantas menjadi calon Sekda antar lain, Hasiholan Silaen (Plt Sekdaprovsu), Ardjoni Munir (stah ahli gubernur), Syafaruddin (Kadis Pendapatan Sumut), Nurdin Lubis (Inspektorat Sumut) dan Marapinta Harahap (Kadis Binamarga Sumut) dan Sakhyan Asmara (Deputi Menpora).
Sumber : Waspada

Comments

Komentar Anda