Home / Pendidikan / TAHUN INI NAIK DITENGAH KETERBATASAN APBD

TAHUN INI NAIK DITENGAH KETERBATASAN APBD

Terkait  Program Pendidikan Gratis

Fakhrizal Efendi 120313

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Kebijakan di APBD Mandailing Natal tahun 2013 terhadap pembiayaan program pendidikan gratis masih pada program beasiswa, BOS Daerah, pakaian seragam SMA,SMK dan tunjangan tambahan bagi guru, sejauh ini masih tergantung kemampuan anggaran daerah.

Untuk menjangkau semua pembiayaan pendidikan yang ditanggung para orang tua murid, belum sepenuhnya terwujud dalam item-item subsidi yang diberikan pemerintah daerah tersebut.

“Meski begitu, grafik peningkatan besaran anggaran ini sudah terlihat naik dibanding tahun anggaran 2012 lalu,” sebut Wakil Ketua DPRD Madina, Fakhrizal Efendi Nasution SH, kemarin.

Pada tahun 2012, beasiswa masih sebesar 900 juta, tahun ini naik menjadi 1,5 milyar rupiah. Selain itu ada BOS Daerah, pembelian pakainseragam SMA dan SMK yang tahun lalu tidak ada.

Disebutkanya, sejatinya pemerintah daerah bersama DPRD Madina sejak awal berambisi menghilangkan beban para orang tua murid mapun mahasiswa terhadap pembiayaan pendidikan anak-anaknya.

Hanya saja, kebijakan-kebijakan yang direncanakan masih terhadang oleh keterbatasan anggaran daerah. Oleh karenanya, Fakhrizal berharap kepada semua kalangan agar dapat memahamai kondisi tersebut.

Yang jelas, menurutnya, upaya memberikan peluang kepada para mahasiswa miskin untuk sama-sama mengecap perguruan akan makin terasa dengan adanya pengucuran dana dari APBD 2013 yang sebesar 1,5 milyar tersebut.

Sementara tanggungan orang tua murid juga semakin berkurang pada pembiayaan SMA maupun SMK dengan pengguliran program BOS Daerah serta program pembelian pakaian seragam sekolah tersebut.

Dia berharap, tahun mendatang anggaran daerah yang tergambar dari pagu pendapatan pada APBD Madina semakin mampu meningkatkan besaran pendanaan terhadap program subsidi pendidikan. (dab)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar