Home / Seputar Madina / Tak Punya Uang 300 Ribu Biaya Melahirkan, RSU Panyabungan Tahan Ibu dan Bayinya

Tak Punya Uang 300 Ribu Biaya Melahirkan, RSU Panyabungan Tahan Ibu dan Bayinya

RSU Panyabungan

RSU Panyabungan

PANYABUNGAN (Mandailing Online)Akibat tidak mampu membayar biaya persalinan, seorang ibu dan bayinya berasal dari keluarga miskin ditahan pihak Rumah Sakit Umum RSU Panyabungan.

Hingga Kamis sore (18/2) Rodiah dan bayi laki-lakinya masih tertahan di rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal sejak melahirkan 3 hari lalu.

Dia dan Aswir suaminya warga Kelurahan Panyabungan III Kecamatan Panyabungan itu tak mampu membayar biaya persalinan sebesar Rp. 300.000 karena kemiskinan.

Keterangan Sakdiah, nenek si bayi mengatakan, pihak keluarga bermaksud untuk segera membawa Rodiah bersama bayinya pulang ke rumah sejak 3 hari yang lalu. Tetapi ketiadaan uang Rp.300.000 menyebabkan menantu dan cucunya tak diperbolehkan keluar.

Meski berasal dari keluarga miskin Rodiah tidak terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Sementara itu, Direktur RSU Panyabungan Drg. Bidasari Siregar menyatakan pihaknya menahan pasien tersebut dimaksudkan agar setiap pasien yang datang berobat ke rumah sakit itu memiliki kesadaran untuk setidaknya tertib administarsi.

“Kita berbuat begini untuk memberitahu kepada masyarakat, agar tertib administrasi biarpun itu 300 ribu itu uang negara, namun jika keluarga datang kepada kita mengaku miskin baru kita peroses,” ujarnya.

Peliput : Maradotang Pulungan

Editor  : Dahlan Batubara

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar