Home / Berita Sumut / Team Horas USU Akan Berkompetisi di Tingkat Asia

Team Horas USU Akan Berkompetisi di Tingkat Asia

Medan (MO) – Universitas Sumatera Utara (USU) tahun ini akan mengikuti Shell Eco-marathon (SEM) 2012 di Sepang, Malaysia. Shell Eco-marathon adalah sebuah kompetisi tahunan yang diadakan oleh Shell Oil, diselenggarakan untuk menantang para pemuda untuk merancang dan menciptakan sebuah kendaraan hemat bahan bakar.

Shell Eco-marathon dilaksanakan tiap tahunnya untuk 3 benua yaitu Amerika, Eropa dan Asia. Untuk Asia, tahun ini merupakan kompetisi ketiga sejak tahun 2010 yang diadakan di Sepang International Circuit (SIC) Malaysia.

Adapun konsep kompetisi sangat sederhana, yaitu pemenangnya adalah mobil yang menggunakan bahan bakar paling irit untuk jarak tempuh yang terjauh.

Universitas Sumatera Utara akan mengirim utusan dengan nama Team HORAS yang terdiri dari 14 mahasiswa Teknik Mesin USU dan beralamat di Laboratorium Kontruksi Mesin, Departemen Teknik Mesin USU.

Nama “HORAS” dipilih sebagai nama tim dengan dalih bahwa kata “horas” yang berasal dari bahasa Tapanuli diyakini dapat mewakili semua Sumatera Utara.

Terdapat dua kategori umum yang dipertandingkan dalam kompetisi ini, yaitu protype dan urban concept. Selain itu terdapat kategori khusus seperti pilihan bahan bakar yang digunakan (gasoline, solar, hydrogen dll), juga terdapat kategori desain terbaik dan people choice.

Dalam hal ini, tim HORAS USU akan mengikuti kompetisi pada kategori urban concept (konsep mobil sebenarnya) dengan menggunakan bahan bakar gasoline (bensin). Untuk kategori ini, tahun 2011  diraih oleh ITS (149.8 km/L) dan people choice diraih oleh National Kaoshiung University of Applied Sciences (11860 likes).

Meskipun dalam beberapa keterbatasan, tim HORAS berharap dapat menjadi pemenang kompetisi tahun ini dan dapat mengharumkan nama USU secara khusus dan Sumatera Utara pada umumnya.

Untuk itu Tim Horas USU juga mengharapkan dukungan berupa materiil dan moriil kepada semua pihak. Khusus untuk kategori people choice, tim Horas berharap dapat menghimpun dukungan di facebook fans fage: https://www.facebook.com/pages/Horas-Team-USU-Shell-Eco-marathon-2012/195669423837524, sebanyak 15000 likes

 

Cara mendukung: 1. ketik “HORAS TEAM USU SHELL ECO-MARATHON 2012”

`                          2. LIKE

 

Untuk dukung berupa sumbangan, CP: Munawir Rosyadi Siregar (085372301219)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar