Home / Tiga Isu Negatif Terkait Akun @SBYudhoyono

Tiga Isu Negatif Terkait Akun @SBYudhoyono

sby2513

Jakarta, (MO) – Munculnya akun Twitter milik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yaitu @SBYudhoyono mengundang banyak komentar di jagat media sosial. Ada yang positif tapi tak sedikit yang nyinyir dengan akun tersebut.

Temuan lembaga monitor dan analisis media sosial “PoliticaWave” menunjukkan ada tiga isu negatif yang berkaitan dengan akun @SBYudhoyono sejak munculnya akun itu pada 13 April lalu. Diantaranya mengenai miripnya akun Presiden SBY dengan Presiden AS, Barack Obama, tweet yang cenderung normatif dan pencitraan, serta akun-akun yang di-follow oleh akun @SBYudhoyono.

“Bagi tweeps, kemiripan akun @SBYudhoyono dengan akun @BarackObama adalah suatu hal negatif karena terhitung plagiat dan cukup memalukan,” kata CEO PoliticaWave Yose Rizal melalui siaran pers, Selasa, 30 April 2013. (Lihat: Tampilan Akun Twitter SBY Mirip dengan Obama)

Terlebih lagi, kata dia, akun yang mengikuti adalah akun milik presiden yang dianggap merepresentasikan negaranya. Kemiripan itu terlihat dari background yang sama-sama menampilkan foto mereka bertemu dengan masyarakat serta isi biografi yang mirip meskipun berbeda bahasanya.

Isu negatif selanjutnya adalah terkait dengan kicauan yang dilakukan oleh akun tersebut. Bagi tweeps, beberapa tweet yang dilakukan oleh akun @SBYudhoyono terlihat normatif dan jumlah tweet yang dilakukan oleh SBY secara pribadi lebih banyak dibandingkan dengan tweet yang dilakukan oleh admin-nya. “Selain itu, adanya kesalahan tweet yang dilakukan oleh admin, lalu ditunjukkan dengan pengakuan admin juga menjadi isu negatif yang terkait dengan akun @SBYudhoyono,” kata Yose menegaskan.

Isu ketiga yang tergolong negatif yaitu terkait dengan akun-akun yang di-follow oleh @SBYudhoyono. Di dalam dunia Twitter, list following masuk dalam penilaian sebuah akun. Dan akun SBY banyak diisi oleh akun selebritis dan penyanyi. Hal ini cukup menurunkan imej akun tersebut karena sewajarnya akun SBY mem-follow akun yang sesuai dengan posisinya sebagai kepala negara atau politisi.

“Seperti yang telah diperkirakan, list following akun @SBYudhoyono menjadi salah satu isu yang diperbincangkan oleh tweeps di Twitter dengan sentimen yang cenderung negatif,” ujarnya.

Meskipun diterpa oleh sentimen negatif, kata dia, kehadiran Presiden SBY di dunia Twitter mendapat sambutan yang cukup hangat serta dari tweeps. Dan secara keseluruhan, persepsi negatif ini cukup berimbang dengan persepsi positif.

Untuk persepsi positif buzz sebanyak 56.174, sedangkan untuk persepsi negatif ditemukan sebanyak 51.845 buzz. “Dari jumlah buzz, persepsi netizen mengenai akun @SBYudhoyono ini mayoritas diisi dengan persepsi yang cenderung netral, yaitu sebanyak 710.959 buzz,” kata dia.(tempo.co)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar