Home / Seputar Madina / Tipikal Bupati Madina ke Depan Harusnya Sosok Berpikiran Generalis

Tipikal Bupati Madina ke Depan Harusnya Sosok Berpikiran Generalis

 

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Tipikal figur bupati yang akan memimpin Madina ke depan idealnya sosok berwawasan generalis, berkarakter seperti kepala “kahanggi”.

Itu dicuatkan budayawan Mandailing, Askolani Nasution dalam acara “Diskusi Publik Pilkada Madina 2015” dengan topik “Mencari  Figur Ideal Calon Bupati Madina”, Kamis (2/4) di café Hotel Rindang, Panyabungan yang diselenggarakan The Rindang Magnitude kerjasama dengan Malintang Pos, Mandailing Online dan radio Start 102,6 FM Panyabungan.

Askolani yang juga sutradara dari Tympanum Novem Multimedia itu melanjutkan bahwa karakter seperti kepala “kahanggi” yang dimaksud adalah santun, banyak mendengarkan, menguatkan tondi, menghukum tapi tidak melukai, membebaskan dendam, dan mengambil resiko untuk dirinya sendiri.

Lebih jauh disebutkannya, bupati ke depan juga harus kreatif menyusun strategi membawa gerbong kawasan ini seperti pada masa kejayaan Mandailing di abad ke 9 masehi.

Mampu  mendorong pengembangan zona kawasan pertumbuhan ekonomi dalam skala besar, menguatkan marwah, menumbuhkan kecintaan terhadap pengetahuan, menumbuhkan birahi terhadap penelitian, menumbuhkan pendidikan untuk orang dewasa, transfer teknologi tepat guna, menumbuhkan ekonomi kreatif, dan membuka ruang bagi ekspresi seni budaya.

Diskusi itu melibatkan sejumlah pengamat politik, pengamat pendidikan, para pimpinan partai politik, politikus, pengamat sosial, budayawan, Kamar Dagang dan Industri Madina, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Madina dan jurnalis serta KPU Madina.

Peliput : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar