Home / Serba Serbi / TKHI Kawal Jamaah Haji Lansia Mandailing Natal di Arafah

TKHI Kawal Jamaah Haji Lansia Mandailing Natal di Arafah

Tim Kesehatan Haji Indonesia Kloter 3/MES dan jamaah haji asal Mandailing Natal. (foto : sumut.kemenag.go.id)

 

 

MEKKAH (Mandailing Online) – Untuk kelancaran ibadah jai asl mandailing Natal, TKHI Kloter 3/MES terus mengawal dan mendampingi jamaah lanjut usia.

Selain lanjut usia, juga risti serta jamaah yang memakai kereta sorong, dan akan lebih fokus selama pelaksanaan ibadah di Arafah, Musdalifah dan Mina (Armina).

Itu diungkapkan dokter Emmy Evawani dampingi para medis Masa Nofa Nasution dan Afrajani, Minggu (19/8/2018) di Mekkah yang dilansir sumut.kemenag.go.id.

Mereka adalah Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Kloter 3/MES yang bertanggungjawab terhadap kesehatan jamaah haji asal Mandailing Natal, Sumut.

Emmy mengatakan, kondisi jemaah haji Mandailing Natal secara umum saat ini baik dan sehat. Sekitar 65 % jamaah adalah berusia lanjut dan risti.

“Untuk sebagian besar jemaah haji risti dan lansia, kegiatan ini sangat berat, karena akan menguras tenaga kegiatan fisik. Belum lagi berada di alam terbuka dengan suhu panas tinggi, udara malam dalam waktu lama sekitar 5 hari, sangat dibutuhkan kedisiplinan para jemaah untuk mampu hidup sehat, dan tidak memaksakan diri kalau tidak mampu atau kurang sehat,” ungkapnya.

Dia menambahkan, kesehatan jemaah di Armina ini merupakan salah satu prioritas, karena rangkaian pelaksanaan ibadah di Armina, jemaah sangat membutuhkan tenaga ekstra.

“Dan kami akan berjuang untuk melayani jemaah untuk sehat, bugar dan melaksanakan rangkaian ibadah dengan baik sesuai syara’ yang ditentukan, dan berusaha membantu mereka meraih haji dan hajjah mabrur,” ujarnya.

Emmy juga berharap kepada masyarakat Indonesia terutama Mandailing Natal untuk dapat mendoakan jemaah haji Mandailing Natal khususnya dan jemaah haji pada umumnya agar sehat, dan mampu melaksanakan seluruh ibadah haji dengan baik. “Doakan kami ya agar sehat” imbuhnya.

Sumber : sumut.kemenag.go.id

Editor   : Dahlan Batubara

 

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.