Home / Berita Sumut / TNI Tawarkan Beasiswa

TNI Tawarkan Beasiswa

Medan, Markas Besar Tentara Nasional Indonesia memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan mahasiswi Perguruan Tinggi Negeri dan PT Swasta atau PT Binaan TNI untuk menjadi Perwira Karier melalui Beasiswa TNI.

Dalam siaran pers Pendam I/BB yang diterima beritasumut.com di Medan, Jumat (03/12/2010), dijelaskan bagi mahasiswa dan mahasiswi yang berminat menjadi perwira karir melalui Beasiswa TNI dapat mendaftar dengan persyaratan: Warga Negara Indonesia, pria dan wanita bukan prajurit TNI/anggota Polri dan PNS, beragama dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945.

Usia pada 1 Maret 2011 tidak lebih dari 25 tahun jika belum mencapai Sarjana Kedokteran (SKed) pada Program Sarjana (S1) Jurusan Kedokteran Umum minimal sudah menyelesaikan 120 SKS menjelang lulus SKed.

Untuk Program Sarjana (S1) jurusan lainnya usia tidak lebih dari 23 tahun jika mencapai 110 SKS, tidak lebih dari 24 tahun jika telah mencapai 130 SKS dan tidak lebih dari 25 tahun jika mencapai diatas 140 SKS. Program Diploma (D3) usia tidak lebih dari 22 tahun jika telah mencapai 80 SKS dan tidak lebih dari 23 tahun jika telah mencapai 100 SKS. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya Program S1 Kedokteran Umum 2,40, Program S1 lainnya 2,80 dan Program Diploma (D3) 2,70.

Disamping itu calon berkelakuan baik tidak kehilangan hak untuk menjadi Prajurit TNI yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, tidak memilki catatan kriminal yang dikeluarkan oleh Polri secara tertulis, berbadan sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba, tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, tinggi badan pria tidak kurang dari 163 cm dan wanita tidak kurang dari 157 cm, belum nikah dan sanggup tidak menikah selama dalam status Mahasiswa Beasiswa TNI, sesuai jurusan /kejurusan yang dibutuhkan dari perguruan tinggi yang ditentukan, mendapatkan rekomendasi dari dekan/direktur fakultas/jurusan dengan melampirkan transkrip (daftar nilai) studi berikut IPK.

Persyaratan khusus yang harus dilakukan mengajukan permohonan secara tertulis untuk memperoleh Beasiswa Ikatan Dinas TNI kepada Panglima TNI Up Aspers Panglima TNI, Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, menjalani ikatan dinas pertama selama 10 tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Perwira TNI dan bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah Republik Indonesia, harus mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian sesuai aspek yang telah ditentukan: administrasi, kesehatan, kesamaptaan jasmani serta mental ideologi.

Jurusan/program studi berakreditas ”A” untuk pria yang dibutuhkan adalah dari Fakultas Kedokteran (Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi), Fakultas MIPA (Apoteker/Farmasi), Fakultas Teknik (Teknik Arsitektur, Teknik Geodesi, Teknik Geologi, Teknik Kimia, Teknik Desain Grafis, Teknik Meteorologi dan Geofisika), Fakultas Ilmu Kelautan (Kartografi dan Oceanografi), Fakultas Psikologi, Fakultas Agama (Dakwah, Theologi Kristen, Theologi Katholik dan Hindu) dan Fakultas Seni (Musik).

Untuk Wanita yang dibutuhkan adalah Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Apoteker/Farmasi, Teknik Kimia, Ekonomi Akuntansi.

Adapun waktu pendaftaran mulai 1 Desember 2010 sampai dengan 31 Desember 2010 bertempat Sub Panda Medan di Ajendam I/BB, Jalan Gatot Subroto Km 7,5, Medan, Sub Panda Padang di Lantamal II/Teluk Bayur Padang Jalan Bukit Putus, Padang. Selama mengikuti kegiatan kegiatan penerimaan terhadap para calon tidak dipungut biaya apapun dan keterangan lebih lanjut dapat diperoleh di tempat pendaftaran yang sudah ditentukan.

Pada waktu mendaftar calon datang sendiri ke tempat pendaftaran untuk mengisi formulir pendaftaran dan membawa dokumen asli dan fotokopi yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang masing-masing dua lembar terdiri dari: akte kelahiran/surat kenal lahir, ijazah SD, SLTP, SLTA berikut danem, KTP calon dan KTP orang tua/wali, kartu keluarga dan kartu mahasiswa, surat rekomendasi dari dekan fakultas dilampiri transkrip nilai/studi berikut IPK serta Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari polres setempat. (BS-002)
Sumber : Beritasumut

Comments

Komentar Anda