Home / Seputar Tapsel / Wabup Paluta Serahkan Data DAK2 ke KPUD

Wabup Paluta Serahkan Data DAK2 ke KPUD

Paluta, (MO) – Bupati Padang Lawas Utara Drs H Bachrum Harahap diwakili Wakil Bupati Paluta H Riskon Hasibuan menyerahkan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dari Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta)kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Paluta yang diterima Ketua KPUD Paluta, M Ali Ansor SAg dipusatkan di Ruang Pertemuan Kantor Pemkab Paluta, Kamis (6/12).
Penyerahan DAK2 disaksikan anggota Komisioner KPUD Paluta, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Paluta Rahmat Hidayat SP, Staf Ahli Bupati, Camat dan Kepala SKPD di lingkup Pemkab Paluta dan Undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, perwakilan anggota DPRD Paluta tidak tampak menghadiri penyerahan data itu. Ketidakhadiran para pimpinan wakil rakyat itu menjadi tanya besar dan tidak diketahui apa alasannya.

Dalam amanatnya, Wabup Paluta H Riskon Hasibuan membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri mengatakan, DAK2 ini merupakan tahapan dasar dalam pelaksanaan Pemilu legislatif tahun 2014 untuk mendapatkan wakil rakyat yang aspiratif dan tanggung jawab. DAK2 sebagai bahan menyusun daerah pemilihan di kabupaten/kota masing-masing, sehingga harus diserahkan 16 bulan sebelum Pemilu berlangsung.

Namun tegas Riskon mengulangi sambutan Menteri Dalam Negeri, apabila terjadi perbedaan database dengan DAK2, masih akan di integrasikan untuk ditindaklanjuti menjadi DP daftar pemilih tetap.

Selain itu, jika KPU memerlukan bantuan dan fasilitasi pihak pemerintah, KPU menyampaikan secara tertulis, terkait dengan waktu dan jenis bantuan dan fasilitasi yang diperlukan. Terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Paluta, Ihpan Siregar S.Sos, MSi mengungkapkan DAK2 yang diserahkan ke KPU sebanyak 269.582 jiwa.

Dengan rincian jumlah penduduk, Kecamatan Dolok Sigompulon sebanyak 16.714 jiwa, Kecamatan Dolok sebanyak 25.233 jiwa, Kecamatan Halongonan sebanyak 35.095 jiwa, Kecamatan Padang Bolak sebanyak 70.914 jiwa, Kecamatan Padang Bolak Julu sebanyak 11.506 jiwa lalu Kecamatan Portibi sebanyak 28.273 jiwa, Kecamatan Batang Onang sebanyak 14.150 jiwa, Kecamatan Simangambat sebanyak 62.419 jiwa dan Kecamatan Hulu Sihapas sebanyak 5.278 jiwa.

Ketua KPU Kabupaten Paluta, M Ali Ansor SAg mengatakan, penyerahan DAK2 itu merupakan amanah UU tentang Pemilihan Umum anggota DPR, DPD dan DPRD Kab/Kota. (analisa/ong)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar