Home / Berita Sumut / Warga Sibolga – Tapteng Belanja ke Padangsidimpuan

Warga Sibolga – Tapteng Belanja ke Padangsidimpuan

Sibolga, – Warga Sibolga dan Tapanuli Tengah (Tapteng) ramai-ramai mencari “barang baru” ke Pasar Sigumpal Bonang dan Plaza Anugrah Kota Padangsidimpuan. Padahal, di Kota Sibolga sudah memiliki fasilitas pasar yang memiliki barang-barang kebutuhan masyarakat yang tergolong cukup lengkap.
Bahkan tak jarang diantara mereka merupakan pejabat atau anggota DPRD di Sibolga maupun Tapteng. Beberapa orang warga Kota Sibolga yang dipergoki MedanBisnis tengah asyik berbelanja di Pasar Sigumpal Bonang Padangsidimpuan, Minggu (4/8) kemarin, mengaku mereka ke Kota Salak tersebut memang khusus untuk berbelanja keperluan Lebaran.

Rida Panggabean, Lina Pasaribu, Syari Siregar, Dorna Tambunan dan Ani Pasaribu yang datang secara berombongan ini mengaku lebih memilih berbelanja di Pasar Sigumpal Bonang dibandingkan dengan Pasar Swadaya Sibolga Nauli dikarenakan jenis, macam dan bentuk barang lebih bervariasi. Disamping itu, harga barang-barang di Sidimpuan jauh lebih murah dibanding harga barang-barang di Kota Sibolga, kualitasnya pun agak lebih baik.

“Kami sengaja datang ramai-ramai ke Padangsidimpuan ini memang untuk berbelanja kebutuhan pokok menjelang Lebaran, khususnya pakaian, sepatu, sandal, barang elektronik, mukena, gorden dan lain sebagainya. Di sini harganya jauh lebih variatif dan banyak jenisnya dibanding dengan di Sibolga. Harganya pun lebih murah, terkadang selisihnya sampai Rp 25.000 hingga Rp 50.000 per potong,” ujar Ani Pasaribu mewakili rekan-rekannya.

Bahkan, warga Sibolga – Tapteng berbelanja ke Padangsidimpuan sudah menjadi semacam tradisi, karena sudah berlaku sejak lama. Menurut Rida Panggabean, sejak dia berumah tangga lebih dari 12 tahun lalu, setiap tahun berbelanja keperluan Lebaran di Sidimpuan. Hasilnya, pakaian yang dikenakan selalu tampak berbeda dari pakaian yang dikenakan oleh warga di lingkungan tempat tinggalnya.

Seorang pejabat eselon II di Pemko Sibolga yang juga dipergoki oleh MedanBisnis tengah asik berbelanja pakaian bersama keluarganya di Plaza Anugerah Sidimpuan, mengaku hampir setiap tahun dirinya memang selalu berbelanja kebutuhan Lebaran di Padangsidimpuan. Alasanya, jenis barang dan modelnya jauh lebih variatif dan lengkap, harganya pun lebih murah dibanding harga di Sibolga.

Salah seorang pemilik toko pakaian wanita di Pasar Sigumpal Bonang Sidimpuan, Lamsari Harahap ketika dikonfirmasi di tokonya mengakui bahwa memang sejak sepuluh hari terakhir, banyak sekali warga asal Sibolga maupun Tapteng yang datang berbelanja. Lamsari juga mengatakan bahwa lonjakan pengunjung asal Sibolga – Tapteng ini memang terjadi setiap tahun dan menjadi berkah yang selalu mereka nantikan.

Dari pantauan MedanBisnis di Plaza Anugerah dan Pasar Sigumpal Bonang, Minggu (4/8), banyak sekali warga asal Sibolga Tapteng yang tengah berbelanja, terkadang dengan membawa serta anak-anak mereka. Tak jarang pula MedanBisnis menjumpai pejabat, anggota DPRD, tokoh masyarakat yang tengah memilih-milih pakaian di salah satu toko.(MB).

Comments

Komentar Anda

3 comments

Silahkan Anda Beri Komentar