Home / Seputar Tapsel / Warna-warni Karnaval Curi Perhatian Warga

Warna-warni Karnaval Curi Perhatian Warga

SIDIMPUAN – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Padangsidimpuan menggelar karnaval, Sabtu (15/3). Karnaval yang digelar menjelang kampanye terbuka ini, mengambil start dari Alaman Bolak. Kemudian para caleg dari partai politik peserta pemilu berarak mengelilingi kota salak.

Ketua KPUD Psp Ahmad Rasid SPd, kepada wartwan beberapa waktu lalu mengatakan, kegiatan karnaval ini merupakan tahapan pemilu yang bertujuan menyosialisasikan dan mengenalkan para caleg kepada masyarakat pemilih.

“Karnaval ini adalah bagian dari sosialisasi KPUD untuk mengenalkan para Parpol peserta pemilu berikut caleg-calegnya, agar dapat dikenal masyarakat untuk dipilih pada Pileg 9 April nanti,” ucap Rasid.

Anggota KPU Divisi Sosialisasi Muktar Helmi menambahkan, karnaval tersebut dapat disebut launching kampanye atau pertanda kampanye terbuka dimulai. Mulai hari ini, Minggu (16/3) hingga Sabtu (5/4) mendatang, kampanye melibatkan seluruh Parpol peserta pemilu berikut masing-masing caleg yang akan bertarung pada 9 April nanti.

“Nantinya kampanye terbuka tersebut, setiap hari akan diisi empat parpol yang sudah ditentukan jadwal dan lokasi berkampanye. Jadi diharapkan kepada masing-masing parpol untuk dapat mematuhi segala peraturan yang berlaku,” sebut Muktar.

Ia menambahkan, dengan dilaksanakan karnaval dan sebelumnya jalan sehat serta deklarasi pemilu damai, maka ia berharap kampanye terbuka nantinya, betul-betul harus dilandasi rasa persaudaraan dan kebersamaan.

“Alhamdulillah, semua tahapan menjelang kampenye terbuka terlaksana dengan aman dan lancar, seperti jalan sehat, kesepakatan damai parpol peserta pemilu, dan Karnaval bersama seluruh parpol dan caleg. Semoga nantinya, kampanye terbuka, juga berjalan dengan damai dilandasi rasa persaudaraan dan semangat kebersamaan,” harapnya.

Sementara itu, Kapolres Kota Psp AKBP Budi Hariyanto menegaskan kepada seluruh parpol peserta pemilu untuk melaksanakan kampanye terbuka sesuai dengan jadwal dan lokasi yang sudah ditetapkan oleh pihak KPU. Ia juga meminta parpol yang belum atau bukan jadwalnya melakukan kampanye agar menghargai parpol yang sedang melaksanakan kegiatan tersebut.

“Bagi parpol yang belum jadwalnya untuk kampanye, jangan membuat kegiatan tandingan yang menyerupai kampanye. Dan, bagi parpol yang melaksanakan kampanye agar tetap berkoordinasi dengan Polres untuk memudahkan pengamanan pada acara kampanye tersebut,” tegas Kapolres.

Amatan METRO, Sabtu (15/4) sekitar pukul 13.30 WIB, seribuan massa dan ratusan kendaraan dari seluruh parpol peserta pemilu memenuhi seputaran Jalan Sudirman di dekat Alaman Bolak. Masing-masing parpol beserta calegnya tampil dengan kendaraan yang sudah dihias untuk menarik perhatian masyarakat pemilih.

Sekitar pukul 14.00 WIB, karnaval dilepas Kapolres Kota Psp AKBP Budi Hariyanto didampingi KPU, Panwas, Muspida dan masing-masing pimpinan Partai. Kemudian, dengan mengambil start dari Alaman Bolak, rombongan konvoi karnaval dikawal Sat Lantas Kota Psp, bergerak ke arah Jalan Sudirman eks Jalan Merdeka, tepat di persimpangan SMA Negeri 1, arak-arakan belok kiri menuju Jalan MT Haryono.

Arak-arak konvoi pun tak luput dari perhatian warga, begitu juga dengan masing-masing caleg dari tiap parpol turut mempromosikan diri sambil menebarkan brosur dan kartu nama mereka kepada masyarakat yang melihat di pinggir jalan.

Selanjutnya, dari Jalan MT Haryono Kampung Marancar, rombongan konvoi bergerak menuju arah Sitamiang, lalu masuk ke Jalan SM Raja dan mengarah ke Imam Bonjol.

Tepat di persimpangan Empat Silandit/Aek Tampang, arak-arakan sesuai dengan nomor urutnya berjalan ke arah Silandit, lalu menuju seputaran Jalan Baru/By Pass, terus menuju Pijor Koling, lalu kembali lagi ke arah kota dengan melewati Sihitang, Padang Matinggi, kemudian Jalan Tapian Nauli, dan berakhir di depan Stadion HM Nurdin Psp. (metro

    )

    Comments

    Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar