Home / Berita Nasional / 4 Langkah yang Bisa Jadi Solusi Kemenhan Atasi Persoalan Alutsista

4 Langkah yang Bisa Jadi Solusi Kemenhan Atasi Persoalan Alutsista

 

Jakarta – Kecelakaan pesawat Hercules C-130 di Medan Sumatera Utara membuat publik bertanya-tanya, seperti apa kondisi alutsista yang dimiliki oleh TNI Indonesia. Kementerian Pertahanan pun ikut diminta untuk segera mengambil langkah cepat untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada alutsista milik bangsa ini.

“Ada 4 langkah utama Kemenhan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Yang pertama melakukan diversifikasi sumber alutsista, untuk menciptakan competitive bidding. Periode 2009-2014 lalu, akuisisi militer berasal dari Rusia, lalu Korea Selatan,” kata Iis Gindarsah peneliti CSIS dalam media briefing di kantor CSIS, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (3/7/2015).

Menurutnya Indonesia tidak ingin bergantung pada Amerika Serikat dan aliansinya pada alat Pertahanan. Jadi impor dilakukan dari negara Mitra strategis lainnya.

“Lalu yang kedua, memperkenalkan praktek imbal dagang. Mewajibkan importir untuk melakukan transfer teknologi atau kerja sama transfer teknologi ke industri lokal,” jelas dia.

“Sementara yang ketiga, memberikan akses pada industri stategis dalam negeri dalam konteks supply chain untuk mendapatkan akses komponen persenjataan,” sambung Iis

Dia menambahkan, perusahaan di luar negeri juga dapat menginvestasikan dana mereka untuk membuka cabang litbang di dalam negeri supaya menjadi produk lokal.

“Dan yang keempat, dengan melibatkan industri dalam negeri mengembangkan teknologi dengan mitra strategis. Misalnya antara PT DI dan perusahaan asal Korea Selatan,” ungkapnya.

Sumber : detikcom

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: