Home / Seputar Madina / Apresiasi Rencana Pendirian ITS Madina, MPC PP: Akan Melahirkan SDM Unggul dan Kompetitif

Apresiasi Rencana Pendirian ITS Madina, MPC PP: Akan Melahirkan SDM Unggul dan Kompetitif

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Mandailing Natal (MPC PP Madina) mengapresiasi rencana pendirian Institut Teknologi dan Sains (ITS) di Desa Pidoli Lombang, Panyabungan.

Pendirian ITS ini nantinya akan melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan kompetitif.

Hal itu disampaikan Ketua Bidang Pendidikan dan Litbang SDM Masnah, S.Pd kepada Mandailing Online, Senin (10/1).

“MPC PP Madina mengapresiasi dan merasa terharu atas kepedulian Ketua Umum DPD IKANAS Dohot Anakboruna Sumatera Utara Dr. H. Amarullah Nasution yang menginisiasi pendirian perguruan tinggi berbasis teknologi dan sains di Madina,” sebutnya.

Masnah mengatakan, kepedulian seperti yang dicontohkan Dr. Amarullah ini harus merupakan contoh yang baik bagi perantau lain yang telah sukses.

“Langkah beliau ini sangat luar biasa. Kita harap ini menjadi awal bagi tokoh-tokoh kita yang telah sukses di tingkat nasional dalam mendukung kemajuan Madina,” katanya.

“Kita tahu bersama, Willem Iskander telah lebih dulu berjuang untuk pendidikan. Bahkan mendahului Ki Hadjar Dewantara. Artinya pendidikan di Madina sejak dulu sudah dianggap sangat penting,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Masnah mengungkapkan, sektor pendidikan merupakan prioritas yang harus dibenahi untuk mempersiapkan generasi yang tangguh dan memiliki daya saing dalam arus zaman kontemporer.

“ITS yang akan didirikan oleh Ompung Amarullah ini insyaallah akan menjadi sedekah jariyah serta solusi untuk melahirkan pemimpin masa depan dalam menghadapi tantangan zaman,” jelasnya.

Untuk diketahui Yayasan Perguruan Tinggi Mandailing Natal dengan Akta Notaris Mukan Hariadi, SH No. 06/2021 tanggal 16 Desember 2021 dengan Surat Pengesahan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (MENHUMKAM) No. AHK-0029862 AH.O1.04 tahun 2021 diproyeksikan untuk pendirian ITS di Bumi Gordang Sambilan.

Sementara pada 17 Desember 2021 lalu, administrasi pendirian ITS Madina ini telah disampaikan ke Dirjen Pendidikan Tinggi di Jakarta untuk mendapatkan Surat lzin Pendirian.

Diperkirakan paling lambat bulan Mei 2022 Izin Operasional ITS Madina tersebut akan diterbitkan oleh Dirjen Dikti. Untuk tahap awal ITS Madina ini akan membuka 2 (dua) fakultas, yakni Fakultas Teknologi Komputer dan Fakltas Pertanian. Rencana perkuliahan akan dimulai pada awal September 2022 mendatang.

 

Peliput: Roy Adam

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: