Home / Berita Sumut / Bawa Laptop Sendiri, Mahasiswa KKN Kelompok 253 Unimal Kenalkan Pengoperasian Komputer kepada Remaja Desa Aek Bargot

Bawa Laptop Sendiri, Mahasiswa KKN Kelompok 253 Unimal Kenalkan Pengoperasian Komputer kepada Remaja Desa Aek Bargot

AEK BARGOT (Mandailing Online) – Berbekal 4 unit laptop pribadi, Mahasiswa KKN Kelompok 253 Unimal mengenalkan pengoperasian komputer kepada remaja di Desa Aek Bargot, Kecamatan Padang Bolak Julu, Padang Lawas Utara pada Senin (23/11) kemarin.

Kegiatan yang dilaksanakan setelah pelaksanaan Shalat Zuhur di Balai desa Aek Bargot ini dilaksanakan sesuai permintaan Kepala Desa Aek Bargot Asrul Efendi ketika rapat program kerja dengan mahasiswa.

Permintaan ini muncul karena kepala desa merasa pengenalan teknologi sangat dibutuhkan di desa Aek Bargot yang notabene jauh dari tempat yang mempunyai fasilitas komputer.

“Remaja dari desa biasanya akan keluar untuk melanjutkan pendidikan SMA ke Padangsidimpuan atau Medan dan tinggal di sana. Namun, selalu memiliki masalah pada pengoperasian komputer dan tertinggal dengan anak-anak dari daerah lain yang sudah tidak asing terhadap komputer,” kata Asrul, di balai desa ketika pelaksanaan rapat program kerja (27/10) lalu.

Ketua KKN 253 Pandapotan Pulungan mengatakan, banyak remaja yang ingin bisa mengoperasikan komputer tetapi tidak memiliki kesempatan belajar.

“Mereka hanya mendapat pembelajaran di sekolahnya sekitar 2 les waktu belajar. Pembelajaran juga hanya dilakukan seminggu sekali, ditambah adanya pandemi Covid-19 membuat mereka tidak bisa belajar komputer di sekolah,” katanya.

Pandapotan menambahkan para remaja banyak yang ingin melanjutkan sekolah ke SMK dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Ketua KKN 253 menjelaskan pembelajaran fokus pada pengoperasian sofware dasar yaitu Word, Excel dan Power Point.

“Remaja desa yang diajari berada pada tingkat pendidikan SMP dan SD kelas 6,” terangnya.

Kegiatan pengenalan ini akan terus dilaksanakan hingga pelaksanaan KKN berakhir.

“Kita akan padatkan agar remaja Desa Aek Bargot dapat menyesuaikan pembelajaran ketika sudah keluar desa dan melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA,” tutupnya.

Sumber: Rilis Universitas Malikussaleh
Editor: Roy Adam

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: