Home / Berita Nasional / Buang Sampah Tanpa Dipilah, Siap-Siap Didenda Rp100 Ribu

Buang Sampah Tanpa Dipilah, Siap-Siap Didenda Rp100 Ribu


MALANG-: Warga Kota Malang, Jawa Timur, sekarang harus berhati-hati jika ingin membuang sampah. Membuang sampah rumah tangga dan industri tanpa dipilah antara sampah basah dan kering, siap-siaplah menerima denda sebesar Rp100 ribu.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang Wasto, Rabu (10/11), di Malang, mengatakan, meski belum memiliki tong sampah yang sudah terpilah bukan berarti warga tidak bisa melakukan pemilahan.

“Pemilahan sampah kering dan basah bisa dilakukan dengan cara memisahkannya dalam kantong plastik. Ini kewajiban melekat bagi pembuang sampah, ada atau tidak, harus dipilah,” kata Wasto.

Menurut dia, denda cukup tinggi tersebut tidak hanya diberlakukan bagi pembuang sampah tanpa dipilah, namun juga diberlakukan bagi pembuang sampah pribadi secara sembarangan. Bahkan, dendanya lebih tinggi, yakni Rp500 ribu untuk sekali buang sampah sembarangan.

Teknis pelaksanaan peraturan yang baru disahkan menjadi peraturan daerah melalui paripurna DPRD Kota Malnag itu, kata Wasto, akan melibatkan Satpol PP setempat melalui operasi yustisi sampah.

Selain melalui operasi yustisi yang dilakukan Satpol PP, lanjutnya, penindakan itu juga bisa didasarkan atas pelaporan masyarakat yang mengetahui adanya pelanggaran perda tersebut. Hanya saja, katanya, sebelum perda tentang sampah tersebut benar-benar diberlakukan, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat. Sosialisasi itu mulai dari aturan yang sudah disahkan menjadi perda maupun pemahaman tentang pemilahan sampah.(Ant/pj/OL-01)
Sumber : MI com

Comments

Komentar Anda

%d blogger menyukai ini: